500 Warga Sungai Kelambu Sambut Norsan, Sarjana Bangun Desa Jadi Program Andalan

KalbarOnline, Tebas – 500-an warga menyambut kedatangan calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Ria Norsan di Desa Sungai Kelambu, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Jumat (04/10/2024) siang.

Dalam pertemuan tersebut, Norsan menyerap aspirasi masyarakat yang menginginkan adanya pembenahan dan pemerataan pembangunan di daerah mereka.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Salah satu yang menjadi harapan warga dan akan difokuskan Norsan adalah soal pemenuhan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, terutama anak muda yang ada di desa.

Pemenuhan lapangan kerja itu bakal disinkronisasi dengan program satu sarjana satu desa. Hal ini diyakini akan menekan angka pengangguran di desa dengan memberdayakan sarjana untuk membantu pembangunan desa.

Baca Juga :  Sambut HUT ke-58, DPD Golkar Kapuas Hulu Gelar Dua Agenda Kegiatan

“Untuk mengatasi sarjana yang nganggur, program saya yakni satu desa satu sarjana,” kata Norsan.

Norsan mengatakan, di Kalbar sendiri terdapat 2.045 desa. Sehingga, bakal menyerap ribuan sarjana yang kemudian diberdayakan untuk memberikan pelatihan dan penyuluhan warga desa, dan akan berdampak pada pembukaan lapangan kerja baru.

“Melakukan penyuluhan tentang pembangunan desa yang mengutamakan anak daerah. Kita rekrut dan berikan gaji. Program provinsi penerapan di desa. Nanti bisa meningkatkan pembangunan desa,” kata Norsan.

Baca Juga :  Norsan Bakal Bangun Rumah Adat Tionghoa

Norsan mengatakan, sarjana desa itu nantinya juga akan berkolaborasi dengan masyarakat desa dengan berbagai latar belakang profesi. Diharapkan, sarjana desa ini memperkuat segala sektor di setiap desa.

“Nanti kita berikan pengertian kelulusan sarjana untuk kembali k desa ikut membangun. Nanti mereka memanajerial. Misalnya di bidang pertanian, kolaborasi dengan petani,” tandas Norsan. (**)

Comment