Wabup Kapuas Hulu Buka OSMB-PKBJJ Program Diploma dan Sarjana Universitas Terbuka Pontianak 

KalbarOnline, Putussibau – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka Orientasi Studi Mahasiswa Baru dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (OSMB-PKBJJ) pada Program Diploma dan Sarjana, Universitas Terbuka Pontianak Tahun 2024, di Putussibau, Sabtu (14/09/2024).

Wahyudi Hidayat dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Namun, tidak semua orang mampu mengakses pendidikan secara langsung atau tatap muka, dengan berbagai alasan seperti jarak, waktu maupun biaya.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Namun, pada saat ini, kita memiliki teknologi dan metode baru untuk memfasilitasi pendidikan jarak jauh, yang bukan hanya efektif tetapi juga efisien dan ekonomis,” sampainya.

Diterangkan Wahyudi, kalau pemerintah kabupaten berkomitmen untuk mendorong pendidikan jarak jauh yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Seperti OSMB-PKBJJ ini, yang juga bertujuan untuk memberikan pelatihan keterampilan belajar jarak jauh, yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar.

Baca Juga :  AKBP Gelar Bhakti Sosial Bersihkan Halaman Masjid Al Ikhlas

“Melalui pelatihan ini, peserta akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta dapat mengakses bahan belajar dan memahami materi pembelajaran,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikannya, program diploma dan sarjana Universitas Terbuka mempunyai fleksibilitas yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan, sehingga banyak peserta didik dari berbagai daerah di Indonesia yang memanfaatkannya sebagai sarana untuk melanjutkan pendidikan mereka.

“Hal ini juga didukung oleh tekhnologi terbaru yang memungkinkan peserta didik untuk mengakses bahan belajar dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, penting bagi kita untuk memahami manfaat dari pendidikan jarak jauh ini,” katanya.

Baca Juga :  Pemkab Kapuas Hulu Hibahkan Lahan ke TNI

Menurutnya, pendidikan jarak jauh juga dapat membantu orang-orang yang tidak mampu mengikuti program pendidikan reguler karena kendala geografis atau finansial, menjadi lebih mudah dan terjangkau.

“Pendidikan jarak jauh dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di setiap daerah, yang pada gilirannya akan memperbaiki standar hidup dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui inovasi dan teknologi” jelasnya. (Haq)

Comment