Bupati Kapuas Hulu, Kapolres dan Dandim 1206 Putussibau Teken NPHD Pengamanan Pilkada 2024 

KalbarOnline, Putussibau – Bupati  Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pengamanan Pilkada Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2024, antara Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dengan Kepolisian Resort (Polres) Kapuas Hulu dan Komando Distrik Militer (Kodim) 1206 Putussibau, di Ruang Rapat Bupati Kapuas Hulu, Rabu (12/06/2024).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Fransiskus menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan sehingga terlaksananya NPHD ini.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Penandatanganan NPHD ini adalah sebagai bentuk komitmen Pemda Kapuas Hulu untuk mendukung terwujudnya pemilihan kepala daerah tahun 2024 agar berjalan lancar sesuai dengan harapan yang telah ditentukan,” tuturnya.

Lebih lanjut Fransiskus menyampaikan, sesuai amanat Pasal 166 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 16 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, disebutkan bahwa pendanaan kegiatan pemilihan kepala daerah dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Fransiskus juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dengan Polres Kapuas Hulu dan Kodim 1206 Putussibau telah menyepakati besaran dana hibah daerah untuk pengamanan penyelenggaraan pilkada tahun 2024, Polres Kapuas Hulu mendapat dana hibah Rp 5 miliar dan Kodim 1206 Putussibau mendapat dana hibah Rp 1,5 miliar, sehingga total anggaran untuk pengamanan pilkada Rp 6,5 miliar.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Tinjau Progres Pekerjaan Ruas Jalan Simpang Sayut - Nanga Saray

“Berkaitan dengan dana hibah pengamanan penyelenggaraan pilkada ini, kami sangat berharap kepada seluruh jajaran Polres Kapuas Hulu dan Kodim 1206 Putussibau agar dapat menggunakan anggaran hibah daerah ini secara efektif sesuai dengan ketentuan dan peraturan undang-undang yang berlaku,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 1206/Putussibau, Letkol Inf Nasli menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Bupati Kapuas Hulu dan jajarannya yang telah menghibahkan dana anggaran PAM pilkada tahun 2024 kepada Kodim 1206 Putussibau, dan tentunya anggaran ini akan digunakan semaksimal mungkin dari mulai tahap awal sampai akhir.

“Intinya kita nanti akan berkolaborasi dengan Polres bagaimana caranya kegiatan Pilkada yang ada di wilayah Kapuas Hulu berjalan dengan aman, lancar dan sukses,” katanya.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Hidayat Harap DPUBMSDA Dukung Realisasi Pembangunan dari Pinggiran

Lebih lanjut Dandim Nasli menyampaikan, bahwa keamanan daerah, tidak hanya merupakan tanggung jawab Kodim dan Polres Kapuas Hulu saja, melainkan seluruh masyarakat juga harus ikut andil menjaga demi pilkada tahun 2024 yang sukses.

“Karena kalau hanya mengandalkan polres dan kodim, kekuatan kita cuma beberapa orang, dan tentunya juga kita tidak mau ada perkelahian di lapangan,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Nasli berharap, semua pihak dapat menjaga kondusivitas pelaksanaan pilkada ini, mulai dari tahap awal sampai akhir, dan semua pihak dapat menerima apapun hasilnya dengan lapang dada.

“Sehingga ke depan ‘Kapuas Hulu Hebat’ yang kita banggakan semakin hebat,” pungkasnya. (Haq)

Comment