Dekranasda Kalbar Terima Kunjungan Designer Malaysia, Siap Berkolaborasi

KalbarOnline, Pontianak – Bertempat di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari Harisson menerima kunjungan designer Malaysia yang juga Pengurus Lembaga Pembangunan Seni Visual Negara, Dato’ Indera Dayang Fatimah Tom Abg Saufi dan rombongan, Rabu (14/08/2024).

Windy Prihastari mengatakan, bahwa kunjungan ini sehubungan dengan akan dilaksanakannya event Borneo Fashion Week serta memperkenalkan design kain tenun khas Kalimantan Barat ke mancanegara.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Dalam kesempatan tersebut, Windy menyambut baik diadakannya kegiatan kolaborasi ini, serta mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada rombongan designer Malaysia di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat.

Baca Juga :  MUI Haramkan Perdagangan Satwa Liar

“Mereka mengajak kita berkolaborasi untuk melaksanakan kegiatan Borneo Fashion Week, khususnya kolaborasi kerajinan dan wastra. Jadi mereka meminta saya nanti untuk mem-branding hasil dari desain karya bersama yang rencananya akan diselenggarakan di Pontianak Kalimantan Barat,” ungkap Windy.

Wastra salah satu potensi di Kalimantan Barat, dari mulai ibu kota provinsi hingga pedalaman. Beberapa diantaranya, mulai dari tenun ikat, songket Sambas, hingga kain motif insang. Bahkan, baru-baru ini, tenun ikat Sintang dipergunakan sebagai busana Presiden Joko Widodo dan para delegasi Forum Air Sedunia (World Water Forum/WWF) Ke-10, di Bali, pada Mei 2024.

Baca Juga :  Lihat Kinerja dan Hasil Survei, Demokrat Serahkan Surat Tugas ke Calon Gubernur Kalbar Sutarmidji

Wastra atau kain tradisional merupakan peninggalan turun-temurun dari leluhur yang menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia. Wastra juga memiliki makna dan simbol tersendiri yang mengacu pada dimensi warna, ukuran dan bahan. (Jau)

Comment