Siapkan KPM PKH Mandiri, Dinsos Pontianak Adakan Pembinaan Berkala

KalbarOnline.com – Dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Kota Pontianak, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pontianak terus menggulirkan berbagai program bantuan sosial. Kepala Dinas Sosial Kota Pontianak, Trisnawati, memaparkan bahwa hingga saat ini, pihaknya telah menyalurkan bantuan kepada 3.350 keluarga miskin berupa bantuan tunai, serta bantuan usaha ekonomi produktif bagi 151 keluarga. Tak hanya itu, mereka juga memberikan bantuan kepada keluarga terdampak bencana, berupa sandang dan makanan siap saji, serta melakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan.

“Verifikasi ini meliputi data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P2KE), Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan Jalur Afirmasi,” jelas Trisnawati, yang akrab disapa Tina, pada Rabu (4/9/2024).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Tina juga menambahkan bahwa salah satu upaya penting lainnya dalam program pengentasan kemiskinan adalah memberikan edukasi dan pendampingan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH). Kegiatan terbaru ini telah berlangsung di Kantor Camat Pontianak Barat, di mana KPM PKH mendapat pembinaan berkala.

Baca Juga :  Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88 Diamankan ke Mako Brimob Polda Kalbar

“Kami mengedukasi KPM PKH tentang pola hidup sehat serta manajemen ekonomi keluarga. Harapannya, program ini mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga,” tambahnya.

Pada kegiatan Pembinaan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), Dinsos menyampaikan materi mengenai gizi seimbang, pola asuh anak, hingga manajemen keuangan rumah tangga kepada para KPM PKH. Dari data yang dihimpun, pada tahap kedua tahun 2024 ini, terdapat 11.314 KPM di Kota Pontianak yang mendapat pendampingan.

Lebih lanjut, Dinsos Pontianak juga berhasil melaksanakan program graduasi bagi KPM yang berhasil mandiri melalui program Pahlawan Ekonomi Nasional (PENA). Program ini merupakan bagian dari pemberdayaan sosial yang didanai oleh APBN Kementerian Sosial dan APBD Dinsos Kota Pontianak.

Baca Juga :  Wali Kota Edi Kamtono : Silakan Beraktivitas Tapi Jangan Abaikan Prokes

“Selain itu, ada juga program Bantuan Sosial Rumah Tidak Layak Huni (BANSOS RUTILAHU) yang kami jalankan. Program ini bertujuan untuk membantu renovasi rumah bagi masyarakat kurang mampu, bekerja sama dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pontianak,” tambahnya lagi.

Tak hanya itu, Dinsos Kota Pontianak juga terus menyediakan layanan rehabilitasi sosial bagi para penyandang disabilitas terlantar, anak terlantar, lanjut usia terlantar, serta gelandangan pengemis yang berada di luar panti. (Jau)

Comment