Pj Bupati Kubu Raya Panen Padi Perdana bersama Poktan Dewi Sri

KalbarOnline, Kubu Raya– Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman melakukan panen padi perdana bersama Kelompok Tani (Poktan) Dewi Sri di lahan sawah Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Selasa (10/09/2024).

Panen bersama merupakan satu di antara upaya pengendalian inflasi dan memastikan ketersedian bahan pokok penting, yakni beras.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Pj Bupati Kamaruzaman mengatakan, bahwa panen padi punya arti penting dalam upaya ketahanan pangan sebagai salah satu pilar utama dalam menjaga kesejahteraan dan keberlanjutan kehidupan masyarakat.

“Pemerintah daerah berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi padi melalui program-program peningkatan produksi, seperti meningkatkan infrastruktur pertanian, memanfaatkan teknologi yang ada, dan memberikan dukungan yang diperlukan petani,” ujarnya.

Pemerintah daerah, lanjut Kamaruzaman, juga menyadari bahwa tantangan yang dihadapi oleh para petani tidak ringan.

Baca Juga :  Kubu Raya Siaga Karhutla

“Mulai dari perubahan iklim, serangan hama/penyakit, hingga akses teknologi dan permodalan,” kata Kamaruzaman.

Karena itu, Kamaruzaman berharap, dengan adanya panen raya ini dapat memberikan motivasi kepada para petani untuk lebih bersemangat dalam usaha tani padi. Sehingga dapat meningkatkan produksi padi yang berpengaruh pada meningkatnya kesejahteraan petani.

“Kami percaya bahwa dengan kerja sama yang baik antara pemerintah, petani, dan semua pihak terkait, kita dapat mengatasi tantangan yang ada dan mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kamaruzaman juga mengucapkan terima kasih kepada perwakilan PT Darma Guna Wibawa Kalimantan Barat atas kontribusinya dalam melakukan pendampingan secara intensif kepada Poktan Dewi Sri.

Baca Juga :  Kubu Raya Komitmen Dukung Ketahanan Pangan Ibu Kota

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kebaikan dan manfaat bagi pembangunan pertanian,” ucapnya.

Lebih jauh Kamaruzaman menjelaskan, panen padi di lahan sekitar 15 hektare di Desa Parit Baru ini akan menghasilkan benih yang unggul.

“Dalam satu hektare-nya menghasilkan kurang lebih lima ton padi. Semoga kedepannya kebutuhan beras untuk Kubu Raya bisa terpenuhi. Ini menjadi sebuah concern bagi kami untuk terus menggiatkan menanam padi bagi masyarakat,” ucapnya. (Jau)

Comment