Mencicipi “Bu Guri”, Menu Sarapan Khas Aceh Paling Diburu Wisatawan

KalbarOnline, Banda Aceh – Berkunjung ke Banda Aceh, tidak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner khas. Sebab kota yang letaknya di ujung Sumatera ini memiliki ragam kuliner terutama makanan berempah, salah satunya “nasi gurih”.

Nasi gurih atau bisa disebut “Bu Guri” oleh warga sekitar merupakan menu sarapan yang paling diburu di Aceh. Makanan ini banyak dijumpai di warung kopi, sebagai menu sarapan. Salah satunya di Warung Kupi Zakir yang berlokasi Kampung Lamtemen, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Aceh.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Sekilas tampilan nasi gurih mirip nasi uduk atau nasi lemak Malaysia, namun makanan ini menggunakan lebih banyak bumbu rempah dengan pilihan lauk yang lebih beragam.

Baca Juga :  Bikin Resah, Gus Jazil Dukung Polri dan BPN Berantas Mafia Tanah

Terbuat dari beras yang dimasak dengan santan segar. Citarasa bu guri selain gurih santan, juga ada aroma daun jeruk dan daun salam yang semerbak. Karenanya rasanya menjadi gurih dan aromanya rempahnya kuat.

Untuk lauknya, nasi gurih disajikan dengan kentang kering, kacang goreng, ayam gulai tumisan sayur, sambal dan lainnya. Juga kerupuk sebagai pelengkap.

Baca Juga :  Pemerintahan Prabowo-Gibran Targetkan Pembangunan 3 Juta Rumah Per Tahun, Bentuk Kementerian Perumahan Baru

Harga untuk seporsi nasi gurih sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 15 ribu, sehingga kamu bisa menikmati sarapan pagi yang lezat dan mengenyangkan tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. (Lid)

Comment