Kapolres Kapuas Hulu Pimpin Apel Gabungan Siaga Karhutla

KalbarOnline, Putussibau – Polres Kapuas Hulu menggelar apel siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan, di lapangan Mapolres Kapuas Hulu. Rabu (16/09/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu yang tengah dilanda musim kemarau.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Hadir pada kegiatan ini PJU Polres Kapuas Hulu dan pasukan apel terdiri dari satu pleton Kodim 1206 Putussibau, satu pleton siaga api Polres Kapuas Hulu, satu pleton Sat Samapta Polres Kapuas Hulu, dan satu pleton BPBD Kabupaten Kapuas Hulu. Serta dilakukan pergelaran sarana dan prasarana pemadaman karhutla.

Baca Juga :  Kapuas Hulu Optimis Capai Target 70 Persen Vaksinasi Covid-19

Dalam sambutannya, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan menegaskan pentingnya apel siaga ini sebagai langkah preventif menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan yang meningkat di musim kemarau ini.

“Apel siaga ini akan dilakukan secara rutin selama 15 hari ke depan. Kami mengantisipasi adanya titik-titik panas yang terpantau melalui aplikasi Lancang Kuning, khususnya hotspot berwarna merah yang membutuhkan tindakan cepat,” ungkapnya.

Kapolres juga menekankan, bahwa jajaran Polres Kapuas Hulu terus dipantau oleh Polda Kalbar terkait perkembangan hotspot di wilayah Kalimantan Barat, sehingga setiap personel harus siaga di markas masing-masing.

Baca Juga :  Polisi Temukan 1 Drum Bekas Pertalite dari Mobil yang Terbakar di SPBU PT Gelora Putussibau

“Jika ada hotspot yang memerlukan penanganan segera, personel akan segera dihubungi dan diturunkan ke lokasi,” tambahnya.

AKBP Hendrawan turut meminta kepada seluruh peserta apel serta tim satgas karhutla agar tetap siaga dan memastikan peralatan untuk siap siaga jika akan digunakan.

“Semoga di tahun 2024 kita bisa mengatasi dengan baik potensi ancaman Karhutla di Kab. Kapuas Hulu,” pungkasnya. (Haq)

Comment