Tenun Ikat Sintang Kembali Bersinar di Event Nasional, Dipakai Presiden Jokowi di Trade Expo Indonesia

KalbarOnline, Pontianak – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) kembali berbangga lantaran keunggulan wastra-wastra khas provinsi ini lagi-lagi mendapatkan pengakuan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Wastra Kalbar kembali dipilih Presiden Jokowi untuk dikenakan saat pembukaan Trade Expo Indonesia ke-39, kemarin.

Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju nampak sangat elegan elegan mengenakan kemeja berbahan tenun Ikat Sintang yang merupakan wastra khas Provinsi Kalbar dalam event tersebut. Tenun Ikat Sintang sendiri merupakan warisan budaya lokal dari Kalbar hasil kerajinan masyarakat suku Dayak.

Sejumlah menteri yang nampak turut mengenakan tenun Ikat Sintang diantaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani. Di samping itu nampak juga Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Anindya Bakrie serta para pejabat lainnya.

Baca Juga :  Presiden Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi untuk Guru di SMAN 70 Jakarta

Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengungkapkan rasa bangganya wastra khas Kalbar kembali dipilih untuk dikenakan presiden hingga jajaran menteri dalam event nasional. Apalagi tenun ikat Sintang itu juga dikenakan langsung oleh para pejabat lainnya.

“Kita sangat bangga Bapak Presiden, jajaran menteri dan Ketua Kadin mengenakan wastra asal Kalbar dalam event nasional,” ungkap Windy.

Windy menambahkan, dengan tampilnya tenun Ikat Sintang dalam ajang Trade Expo Indonesia ke-39 menjadi bukti wastra Kalbar sudah semakin dikenal. Untuk itu dirinya meminta agar upaya promosi wastra-wastra Kalbar terus ditingkatkan dan dimasifkan.

Presiden Jokowi mengenakan tenun Ikat Sintang saat pembukaan Trade Expo Indonesia ke-39.

Dirinya menambahkan dengan ditampilkannya wastra Kalbar dalam ajang Trade Expo Indonesia ke-39 tentu akan berdampak positif terutama semakin dikenal dan mendunia. Hal ini diharapkan juga bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi para perajin tenun di Provinsi Kalbar.

“Kita patut berbangga, wastra Kalbar bisa tampil di event nasional. Kami mengucapkan terima kasih atas perkenan Bapak Jokowi mengenakan wastra Kalbar,” ujar Windy.

Baca Juga :  Respons Komjen Listyo Sigit Jadi Calon Kuat Kapolri Baru

Windy berharap, tampilnya wastra khas Kalbar dan musisi muda Kalbar dalam ajang Trade Expo Indonesia ke-39 akan mendongkrak perkembangan  berbagai sub sektor ekonomi kreatif di Kalbar. Apalagi secara langsung dibantu promosinya oleh Presiden Jokowi dengan tampil menggunakan wastra khas Kalbar.

“Kita optimis sektor ekonomi kreatif kita Kalbar mampu mendunia,” jelasnya.

Windy berharap, wastra-wastra Kalbar semakin dikenal di tingkat nasional hingga internasional. Dirinya memastikan, Dekranasda Kalbar akan terus memberikan dukungan penuh dalam upaya pengembangan potensi-potensi yang dimiliki berbagai wastra khas Kalbar.

“Wastra kita (Kalbar) memiliki potensi yang sangat besar, ini yang harus terus kita kembangkan bersama-sama,” pungkasnya. (Lid)

Comment