Mbak Kepo Disporapar Kalbar Ajak Milenial dan Gen Z Tidak Golput Dalam Pilkada 2024

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar kegiatan Kepo Talk dengan mengusung tema “Partisipasi Pemuda dalam Demokrasi-Pemuda Cerdas Memilih” di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Rabu 16 Oktober 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan sebagai rangkaian Hari Sumpah Pemuda itu menghadirkan dua narasumber yakni Bawaslu Provinsi Kalbar, KPU Provinsi Kalbar. Adapun pesertanya merupakan puluhan mahasiswa Untan dari berbagai fakultas.

Hadir langsung membuka acara Kepo Talk rangkaian Hari Sumpah Pemuda tahun 2024, Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari. Dalam kesempatan itu ia mengatakan, bahwa berbagai kegiatan yang digelar ini bertujuan untuk mengajak dan meningkatkan jumlah partisipasi pemuda dalam pilkada 2024.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan hasil rekapitulasi DPT yang sudah ditetapkan oleh KPU Provinsi Kalbar, 62 persen pemilih dalam Pilkada 2024 didominasi oleh kelompok generasi z dan milenial.

Milenialnya ada di angka 35,31 persen dan gen z ada di angka 26,77 persen. Artinya untuk pemilih pemula di Kalbar berada di atas 50 persen.

Baca Juga :  Pengurus Lengkap KADIN Kalbar Sepakat Pemilihan Voters Berdasarkan Voting Terbuka

“Dalam rangkaian hari sumpah pemuda 2024, kami ingin mengajak dan meningkatkan jumlah partisipasi pemuda di dalam demokrasi. Kami mengajak mereka (pemuda) agar menjadi pemilih cerdas dan paham tentang bagaimana caranya untuk menjadi seorang pemuda yang dapat meng-influence dan mempengaruhi rekan-rekannya agar tidak golput,” ungkap Windy.

Windy Prihastari.

Menurut Windy, pemuda terutama pemilih pemula memiliki peran yang sangat penting dalam pilkada 2024. Untuk itu ia berharap melalui kegiatan ini para pemuda dapat berperan aktif menyukseskan pilkada serentak yang dilaksanakan pada 27 November 2024 nanti.

“Tentunya kami berharap mereka (pemuda) sudah paham dan mengetahui tentang bagaimana calon yang dipilih, kemudian paham akan kendala-kendala yang mereka hadapi ketika akan memilih,” ujarnya.

Kasubag Hukum dan SDM KPU Kalbar, Tarsinah mengungkapkan, bahwa pihaknya juga telah melakukan kegiatan serupa untuk mengajak pemilih pemula menggunakan hak suaranya dengan baik saat Pilkada. Baik itu di lingkup sekolah maupun perguruan tinggi.

Baca Juga :  Sopir Diduga Mabuk, Ertiga Putih Tabrak Pembatas Jalan Gajah Mada Pontianak

“Untuk pemilih pemula, ayo kepoin tentang pemilu tentang pilkada siapa saja calonnya kapan tahapan kampanye. Silahkan dilihat programnya mana saja program yang menguntungkan kita untuk lima tahun kedepan, untuk masa depan bersama masa depan Kalbar lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalimantan Barat, Mursyid Hidayat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Disporapar Kalbar, yang mengajak dan memperkenalkan anak muda untuk cerdas dalam memilih.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang telah diselenggarakan untuk bisa memperkenalkan bagaimana menjadi pemilih yang cerdas,” tukasnya.

Kegiatan Kepo Talk ini tidak hanya diselenggarakan di Untan, tetapi juga digelar di beberapa perguruan tinggi di Kalbar khususnya di Pontianak. (Lid)

Comment