Targetkan Jaring 10 Ribu Atlet yang Tergabung dalam 2.048 Tim Esports

KalbarOnline.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Indonesia Esports Premiere League (IESPL) akan menggelar Piala Menpora Esports 2020 Axis. Ini adalah wadah kompetisi Esports yang diikuti oleh kelompok pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia.

IKLANSUMPAHPEMUDA

Kejuaraan tersebut dimulai pada 17 Agustus 2020.

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan bahwa Esports ditengarai semakin populer dan digemari generasi muda di tengah penerapan protokol kesehatan untuk bekerja dan belajar dari rumah.

“Piala Menpora Esports 2020 yang digagas oleh Pak Menteri Zainudin Amali merupakan bentuk implementasi dari dukungan pemerintah terhadap kemajuan Esports di Indonesia,” kata Gatot.

“Pesan dari kegiatan ini sangat jelas, yaitu pemerintah akan selalu mendukung olahraga yang memiliki talenta dan kelak dapat mengharumkan nama bangsa,” imbuhnya dalam acara bincang media Esports di Tengah Pandemi yang digelar secara virtual (4/8).

Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 Giring Ganesha mengatakan bahwa kompetisi ini bertujuan untuk menjaring talenta-talenta muda Esports nasional. Dengan kondisi pandemi dan mengikuti protokol kesehatan, maka seluruh rangkaian Piala Menpora Esports 2020 akan digelar secara online.

“Dari banyak diskusi, saya tahu Pak Menpora sangat mendukung sekali kemajuan Esports Indonesia. Pak Menpora menekankan bahwa kegiatan ini harus dijalankan dengan tiga elemen yakni mencari bibit baru, mengadakan pertandingan yang aman di tengah pandemi, dan tetap mensosialisasikan bahaya Covid-19,” kata Giring.

Baca Juga :  Buka Lomba Kato Seri 2 Penjawaan, Wabup Ketapang Apresiasi Pemuda Jaga Kebersihan Sungai

“Ini yang akan menjadi patokan kami dalam penyelenggaraan Piala menpora Esports 2020,” imbpuhnya.

Group Head Jabo PT Xl Axiata Francky Rinaldo mengatakan bahwa terjadi pertumbuhan penggunaan internet yang sangat signifikan di masa pandemi.

“Terjadi kenaikan hampir 20 persen dari trafik sebelum pandemi. Jelas ini merupakan tantangan bagi kami untuk meningkatkan layanan yang lebih baik lagi dengan harga yang terjangkau sehingga semakin banyak masyarakat yang menggeluti Esports,” ucap Francky.

Hal serupa diungkapkan oleh Brand Director Moonton Indonesia Aswin Atonie. Developer dan publisher game Mobile Legends ini juga memaparkan terjadi peningkatan signifikan dalam pengguna game sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

“Kami bisa lihat, di situasi pandemi, masyarakat banyak yang stay at home sehingga bisa melakukan hal positif salah satunya dengan mengasah kemampuan bermain game. Jadi kami mengakui peningkatannya memang cukup tajam dari bulan Maret kemarin,” ucap Aswin.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Lepas Kontingen Atlet ke Pornas Korpri XVI Semarang 2023

Sementara itu, Co-Founder EVOS Hartman Harris mengatakan berbagai indikasi positif dari sisi industri Esports ini harus dibarengi juga dengan menggulirkan berbagai wadah kompetisi berjenjang dan terstruktur.

Hal ini menjadi penting agar tidak hanya dari sisi industrinya saja yang bertumbuh, namun dari sisi ekosistem juga mampu melahirkan atlet-atlet muda Esports Indonesia yang berprestasi di skala internasional.

Piala Menpora Esports 2020 Axis ini menyasar generasi muda yang masih duduk di bangku SMP, SMA, dan universitas. Ditargetkan, kompetisi ini diikuti sebanyak lebih dari 10 ribu atlet yang tergabung dalam 2.048 tim Esports.

Mereka akan berjuang membela nama institusi pendidikan masing-masing dan bersaing meraih gelar juara.

Piala Menpora Esports 2020 Axis akan mempertandingkan Mobile Legends: Bang Bang yang merupakan game besutan Moonton yang mengusung genre MOBA. Di game ini, para pemain akan bertanding 5 vs 5 dalam gelaran Piala Menpora Esports 2020 Axis.

Comment