Bupati Fransiskus Diaan Resmikan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni di Teluk Sindur

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, meresmikan program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang didanai oleh CSR Bank Kalbar tahun 2023 di Desa Teluk Sindur, Kecamatan Bika, pada Kamis (11/1/2024). Dalam acara tersebut, Bupati Fransiskus menyampaikan bahwa 15 rumah telah diperbaiki, dengan 13 rumah di Desa Teluk Sindur dan 2 rumah lainnya di Kecamatan Embaloh Hilir.

Bupati Fransiskus memberikan apresiasi atas program CSR ini yang dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu. “Semoga bantuan rumah baru ini memberikan semangat baru bagi penerima,” ujarnya.

Bupati juga mengingatkan masyarakat Teluk Sindur untuk waspada karena beberapa rumah di daerah tersebut terancam bencana longsor. “Saat ini, air di Sungai Kapuas, Sibau, dan Mendalam sedang meluap,” jelas pria yang akrab disapa Bang Sis ini.

Baca Juga :  Buka Sosialisasi OJK di Kapuas Hulu, Sekda Minta OJK Rutin Lakukan Ini

Fransiskus menambahkan bahwa Pemda Kapuas Hulu melalui Dinas Perumahan Rakyat, Pertanahan, dan Lingkungan Hidup (PRPLH) telah mengusulkan bantuan untuk warga di lokasi rawan bencana. Ia juga menyebutkan bahwa Pemprov Kalbar berencana membantu 100 unit rumah, namun ada syarat lahan luas dua hektar yang perlu dipenuhi. “Saya minta agar segera mencari lokasi yang sesuai dan berkomunikasi dengan Dinas PRPLH,” tuturnya.

Bupati Sis juga menyampaikan bahwa banyak bantuan rumah telah diterima Kapuas Hulu, terutama dari pemerintah pusat, seperti program BSPS yang diperjuangkan oleh Lasarus, Ketua Komisi V DPR RI. “Program BSPS telah membantu ribuan rumah di Kapuas Hulu,” tambahnya.

Baca Juga :  Wakil Bupati Kapuas Hulu Hadiri Review Kinerja Tahunan Aksi Stunting Tertinggi Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2022

Terkait dengan CSR, Bupati Sis mengingatkan perusahaan-perusahaan, termasuk di sektor perkebunan dan tambang, untuk memenuhi kewajiban CSR mereka. “Kami tegaskan agar CSR disalurkan dengan tepat sasaran agar benar-benar bermanfaat bagi masyarakat di sekitar lokasi usaha,” pungkasnya.

Comment