Menikmati Keindahan Bawah Laut di Kalbar Bersama Komunitas Orca Diving Club

KalbarOnline, Pontianak – Provinsi Kalimantan Barat memiliki pulau-pulau yang menyajikan keindahan bawah laut, sebut saja seperti Pulau Lemukutan dan Randayanan. Untuk menikmati keindahan bawah laut tersebut bisa dengan menyelam atau diving.

Nah, bagi kalian warga Kalbar dan Pontianak yang berminat dalam olahraga menyelam, komunitas Orca Diving Club dapat menjadi satu tempat untuk kalian belajar diving.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Orca Diving Club merupakan salah satu komunitas yang mengembangkan olahraga free diving di Kalbar. Klub yang berdiri sejak tahun 2011 ini dibentuk untuk mewadahi para pecinta olahraga selam.

“Terbuka untuk umum siapapun bisa, kita juga membina mahasiswa untuk aktif di selama. Tidak ada syarat yang penting sehat, tidak ada riwayat jantung,” ungkap Iwan Dirgantara, Ketua Orca Diving Club, Minggu (14/07/2024).

Iwan Dirgantara mengatakan, olahraga menyelam sangat menyenangkan, selain melatih seluruh otot tubuh, dengan menyelam mampu memberikan kepuasan batin tersendiri yang tidak didapat dari olahraga lainnya.

Baca Juga :  Positivity Rate Naik, 1 dari 3 Orang Rata-rata Terinfeksi Covid-19

“Menyelam membuat kita mengenal keindahan alam bawah air, Menikmati keindahannya Ikan, karang dan biota lainnya, kebetulan saya juga hobby motret, ada sensasi saat kita motret karena objek yang kita ambil ukurannya sangat kecil,” ujarnya.

Lebih lanjut, Iwan mengungkapkan, meskipun Kalbar bukanlah provinsi yang dominan dengan laut namun sejumlah Kabupaten pesisir memiliki potensi bawah laut yang menjanjikan dan indah.

Seperti Kabupaten Bengkayang yang memiliki pulau Randayan, Lemukutan, Penata Besar, Penata Kecil, Kabung, seluas dan Pulau Baru, kemudian Mempawah Pulau Datuk, Setinjan, Temaju dan Pulau Damar, Kabupaten Kayong Utara memiliki Kepulauan Karimata dan sekitarnya.

“Serta Kabupaten Ketapang terdapat pulau Cempedak, Bawal dan sejumlah pulau lain yang memiliki alam bawah laut yang sangat indah. Sehingga pas untuk dijadikan spot menyelam,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dikepung Asap Karhutla, Kualitas Udara di Ketapang Tidak Sehat

Bagi yang ingin belajar menyelam, Saat ini, Orca Diving Club sudah menyiapkan sejumlah instruktur untuk tiga bidang menyelam, diantaranya bidang Sport, Technical dan Scientifik. Posko dari Orca Diving Club berada di jalan HM Siwignyo Pontianak Gang Margodadirejo, Pontianak.

“Tujuan dan target kami saat ini di Kalbar yakni ingin menyediakan sumber daya manusia yang kompeten untuk pekerjaan bawah air, seperti Pariwisata, SAR, scientific diving, dan lain-lain, serta membantu Memajukan dunia pariwisata khususnya bawah air di wilayah Kalimantan Barat,” terang Iwan. (Lid)

Comment