Penurunan Inflasi dan Penanganan TBC-Polio Jadi Fokus Utama

Hadiri Rakor Virtual dengan Mendagri

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, baru-baru ini mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Mingguan mengenai Pengendalian Inflasi serta Penanganan TBC dan Polio secara virtual dari Ruang Analisis Data Kantor Gubernur Kalbar.

Rakor tersebut dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dan dihadiri oleh para pemangku kepentingan terkait.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Dalam rapat itu, Mendagri Tito Karnavian melaporkan penurunan inflasi nasional yang signifikan pada bulan Juni 2024, mencapai angka 2,51 persen, turun dari 2,84 persen pada bulan sebelumnya. Penurunan ini menandakan perbaikan dalam perekonomian nasional, dengan pertumbuhan ekonomi naik menjadi 5,11 persen dari sebelumnya 5,04 persen.

“Penurunan inflasi ini didorong oleh stabilitas harga kebutuhan pokok dan kebijakan pemerintah yang efektif dalam menjaga pasokan barang. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), kami berhasil mengalami deflasi -0,08 persen pada Juni 2024,” ungkap Tito Karnavian.

Baca Juga :  Wako Edi Klaim Pertumbuhan Ekonomi Pontianak Mulai Membaik, Segini Angkanya

Namun Tito juga mencatat, bahwa meski inflasi nasional turun, beberapa daerah masih mengalami angka inflasi yang tinggi. Papua Pegunungan misalnya, mencatat inflasi tertinggi sebesar 5,65 persen, diikuti oleh Sulawesi Utara (4,42 persen) dan Papua Tengah (4,39 persen).

“Daerah-daerah dengan inflasi di atas 2,51 persen, mulai dari Bali hingga Papua Pegunungan, harus segera melakukan rapat dan melaksanakan sembilan langkah yang telah dirumuskan,” tambah Tito.

Mendagri juga mengingatkan bahwa beberapa harga kebutuhan pokok seperti cabai rawit, minyak goreng dan beras masih tinggi. Untuk cabe rawit, Tito menyarankan agar setiap daerah menggalakkan tanam cabai lokal.

Sedangkan untuk minyak goreng, diperlukan intervensi dari Kementerian Perdagangan dalam hal stok dan distribusi. Untuk beras, kerja sama antara kepala daerah dalam pengadaan lahan, pompanisasi dan distribusi pupuk sangat penting.

Baca Juga :  Kalbar Masuk 10 Provinsi dengan Inflasi Terendah se-Indonesia

Selain membahas inflasi, rakor juga menyoroti penanganan TBC dan Polio. Tito Karnavian menegaskan pentingnya pembentukan tim atau satgas penanganan penyakit tersebut di setiap daerah.

“Kita harus memastikan kesehatan masyarakat senantiasa diperhatikan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk fokus pada penanganan TBC dan Polio,” jelasnya.

Pada 23 Juli mendatang, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana akan merayakan Hari Anak Nasional di Papua dan mengundang istri-istri gubernur se-Indonesia. Acara tersebut juga akan diisi dengan Pekan Imunisasi Polio, yang diharapkan dapat memotivasi setiap daerah untuk lebih aktif dalam penanganan Polio. (Jau)

Comment