Pj Bupati Kubu Raya Ajukan Perubahan Anggaran 2024

KalbarOnline.com – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman, mempresentasikan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPAS-P) Kabupaten Kubu Raya Tahun Anggaran 2024 dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kubu Raya yang berlangsung di Ruang Rapat DPRD, Senin (29/7/2024). Kamaruzaman menjelaskan bahwa perubahan anggaran ini diperlukan untuk menanggapi berbagai kondisi yang berkembang selama perjalanan APBD Tahun 2024.

“Perubahan anggaran ini dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan kondisi fiskal daerah, kebijakan pusat, proyeksi belanja prioritas, serta permasalahan aktual yang memengaruhinya,” jelas Kamaruzaman.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Menurut Kamaruzaman, seiring dinamika yang terjadi hingga triwulan kedua 2024, pemerintah daerah merasa perlu untuk melakukan perubahan anggaran. Tujuannya adalah memberikan pedoman yang jelas mengenai perubahan asumsi umum APBD Tahun 2024, menyesuaikan proyeksi pendapatan daerah, alokasi belanja, serta sumber dan penggunaan pembiayaan pembangunan.

Baca Juga :  Diduga Dibakar, Polisi Segel Sejumlah Lahan Korporasi

“Langkah ini juga untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Perubahan ini meliputi penambahan, pengurangan, dan pergeseran anggaran antarperangkat daerah, antarkegiatan, serta antarjenis belanja, dan juga menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat,” tambahnya.

Baca Juga :  Sutarmidji Komitmen Akan Bersinergi Dengan Cakada Yang Turut Didukung Oleh Partai Pengusungnya

Kamaruzaman menekankan bahwa perubahan anggaran ini pada dasarnya adalah penyempurnaan dan perbaikan APBD yang sedang berjalan. Hal ini mempertimbangkan pencapaian target pendapatan, realisasi belanja, dan menampung berbagai perubahan dari sisi pendapatan daerah, belanja daerah, dan pembiayaan daerah.

“KUPA dan PPAS-P ini adalah tahapan penting dalam proses penyempurnaan perencanaan dan penganggaran daerah,” tutupnya.

Comment