Kemeriahan Tradisi Robo-Robo di Sungai Kakap, Warga Gelar Doa Tolak Bala

KalbarOnline, Kubu Raya – Tradisi robo-robo tidak hanya berlangsung di Mempawah, Kalimantan Barat, tetapi juga digelar dengan meriah oleh masyarakat di Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (04/09/2024).

Antusiasme masyarakat Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya sangat tinggi dalam melestarikan kebudayaan adat robo-robo. Pantauan KalbarOnline, sejak pagi hari, masyarakat sudah ramai berbondong-bondong ke Pasar Sungai Kakap untuk menyaksikan tradisi ini.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Robo-robo merupakan tradisi makan bersama di luar rumah yang dilaksanakan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar dalam kalender Islam. Tradisi ini bertujuan memohon keselamatan dan perlindungan dari Yang Maha Kuasa melalui proses tepung tawar dan air tolak bala.

Selain meminta doa keselamatan, momen ini juga menjadi kesempatan bagi warga untuk bersilaturahmi dan berbagi.

Kepala Desa Sungai Kakap, Syarif Said mengatakan, digelarnya wisata budaya robo-robo ini untuk mempertahankan kebudayaan leluhur.

Baca Juga :  Kasus Stunting di Kuala Mandor B Terbilang Tinggi

“Kegiatan ini dilaksanakan secara turun temurun. Kegiatan ini tujuannya untuk tolak bala mengucapkan doa selamat. Selain itu kita juga bersyukur kepada Allah atas rejeki yang sudah beri selama satu tahun,” ungkapnya.

Selain doa tolak bala, tradisi ini juga mencakup makan bersama atau saprahan. Ada berbagai macam makanan yang disediakan mulai dari kue tradisional, ketupat dan bontong, lengkap dengan lauk pauknya.

“Ini adat budaya yang sudah ratusan tahun. Harus kami lestarikan, supaya kebudayaan ini tidak hilang ditelan masa,” ujarnya.

Acara robo-robo ini juga dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kubu Raya, Mustafa. Ia berharap, tradisi ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk menarik wisatawan. Sebab menurutnya, robo-robo sangat istimewa karena hanya dilaksanakan di beberapa daerah saja seperti Kuala Mempawah, Muara Kubu, dan Sungai Kakap.

Baca Juga :  Menpan Akan Tuntaskan Permasalahan CPNS 2010 dan 2012

“Kegiatan ini juga bisa untuk silaturahmi, berkumpul dengan kerabat. Harapan Pemerintah Kubu Raya ini dikembangkan, dikemas dengan baik, sehingga kedepannya bisa menarik wisata untuk berkunjung karena tidak semua daerah menggelar tradisi ini. Setahu saya di Kalbar hanya di Kuala Mempawah, Muara Kubu, dan di Sungai Kakap ini,” ungkapnya.

Tak hanya acara robo-robo saja, pemerintah desa juga menggelar menggelar perlombaan dayung sampan di Sungai Kakap untuk meriahkan tradisi budaya ini. Mereka merayakan robo-robo sekaligus menonton perlombaan dayung sampan dari bantaran sungai dengan menggunakan sampan. (Lid)

Comment