Cegah Anak Gabung Geng, KPAD Pontianak Imbau Orang Tua Rutin Cek Gadget Anak

KalbarOnline, Pontianak – Belakangan ini, kelompok remaja yang tergabung dalam geng motor di Pontianak, Kalimantan Barat, semakin meresahkan. Mereka kerap berbuat onar dan bertindak kriminal sehingga sangat meresahkan masyarakat.

Seperti baru-baru ini, Satreskrim Polresta Pontianak mengamankan 2 anak dibawah umur yang merupakan anggota geng remaja bernama All Star. Geng ini sendiri dari penyelidikan kepolisian telah melakukan sejumlah aksi meresahkan masyarakat, mulai dari konvoi puluhan kendaraan bermotor sembari membawa senjata tajam, hingga melakukan penyerangan ke orang lain.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Menanggapi fenomena tersebut, Komisioner KPAD Pontianak, Ameldalia mengatakan, kenakalan remaja tersebut tentu tidak terlepas dari peran keluarga di rumah. Ia mengimbau orang tua harus memastikan dengan siapa anak berteman atau apa yang dilakukan anak saat di luar rumah. Salah satunya dengan rutin memeriksa gadget atau ponsel anak untuk mengetahui aktivitas dan pergaulan mereka.

Baca Juga :  Midji – Norsan Akan Bangun Pabrik Olahan Kelapa dan Kuatkan Peran Koperasi Hasil Pertanian

“Kenakalan remaja tentu tidak terlepas dari peranan keluarga di rumah. Jadi bagaimana cara orang tua memastikan apa dan siapa teman-temannya di sosial media yakni dengan cara membangun komunikasi yang baik dengan anak,” ungkapnya, Selasa (03/09/2024).

Dengan mengefisienkan komunikasi dengan anak, maka hal itu dapat mencegah anak-anak terlibat pergaulan yang menyesatkan seperti geng yang sedang marak saat ini.

Baca Juga :  Bank Sampah Induk Khatulistiwa Diresmikan, Target Kurangi 30 persen Produksi Sampah

“Misalnya kalau ada permasalahan di luar, kalau orang tua mempunyai komunikasi yang bagus dengan anak biasanya tahu anak berteman dengan siapa, apakah anak itu mempunyai masalah di luar atau mungkin bahkan punya geng yang tidak layak untuk dijadikan role model perkembangan anak di luar rumah,” jelasnya. (Lid)

Comment