PKKMB Universitas PGRI Pontianak 2024 Resmi Dibuka

KalbarOnline, Pontianak – Universitas PGRI Pontianak menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung mulai tanggal 10 hingga 13 Oktober 2024. Acara ini diikuti oleh 1.042 mahasiswa baru yang siap menjalani masa perkuliahan di lingkungan akademik Universitas PGRI Pontianak.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Pj Gubernur Kalbar, YPLP SPT Kalimantan Barat, Polda Kalimantan Barat, Pangdam XII Tanjungpura, Danlantamal, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat, Disporapar Kalimantan Barat,Pj Bupati Kubu Raya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, Polresta Kota Pontianak dan Polsek Kota Pontianak.

Kegiatan PKKMB tahun ini secara resmi dibuka oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Barat dalam hal ini diwakili oleh Alexander Rombonang, Staff Ahli Bidang Sosial dan SDM.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan perkembangan yang baik bagi seluruh mahasiswa baru yang akan memulai studinya, antara lain pengenalan kehidupan kampus dan pembelajaran yang mandiri dan produktif sebagai inspirasi dan motivasi.

Ia menyampaikan, bahwa program prioritas pemerintah saat ini adalah pembangunan sumber daya manusia yang unggul, yaitu sumber daya manusia yang kreatif dan adaptif serta mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Untuk itu, mahasiswa baru dituntut menjadi sumber daya yang sehat, memiliki produktivitas yang tinggi, serta memiliki semangat kompetensi dan cinta tanah air.

Baca Juga :  Siswa Kota Pontianak Raih Medali OSN 2024, Pj Wako: Bukti Kita Mampu Bersaing di Tingkat Nasional

Rektor Universitas PGRI Pontianak, Muhamad Firdaus dalam sambutannya menekankan pentingnya proses adaptasi bagi mahasiswa baru di dunia kampus.

“PKKMB adalah langkah awal bagi kalian untuk mengenal kehidupan kampus, mulai dari sistem perkuliahan hingga kegiatan organisasi,” katanya.

Firdaus berpesan kepada mahasiswa, jadilah seorang pemimpin yang dapat mengayomi, melindungi dan melayani. Seorang akademisi harus muncul sifat kharismatik dan demokratis.

“Mahasiswa baru semoga diberikan keyakinan dan keikhlasan dalam mengikuti kegiatan ini. Yakinlah tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Motto Universitas PGRI (UPGRI) Pontianak yaitu The Best yang dapat diuraikan menjadi Terdepan, Harmonis, Energik, Berwibawa, Efektif, Sejahtera dan Tangguh,” katanya.

Ketua Panitia PKKMB, Basuki dalam laporannya menyampaikan, bahwa persiapan PKKMB tahun ini telah dilakukan dengan maksimal, melibatkan seluruh elemen kampus, termasuk dosen, tenaga kependidikan, serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

“Kegiatan PKKMB ini merupakan program tahunan yang penting bagi mahasiswa baru untuk mengenal dunia kampus secara menyeluruh. Kami mempersiapkan acara ini dengan tujuan memberikan pengalaman yang bermanfaat, sekaligus memudahkan mahasiswa dalam proses adaptasi,” terangnya.

Baca Juga :  Lasarus Tegaskan Ingin Posisi Cagub Jika Maju di Pilgub Kalbar

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas PGRI Pontianak juga turut memberikan sambutan yang penuh semangat. Ia menekankan, menjadi mahasiswa bukan lagi tentang dunia akademik saja, tetapi harus lebih fokus tentang pengembangan pribadi dan sosial kemasyarakatan.

“Karena kita mahasiswa ini adalah agent of change, social control, dan iron stok. Kita berpacu dalam tema PKKMB tahun 2024 membentuk karakter mahasiswa yang tangguh mewujudkan kampus yang bereputasi, yang berarti mahasiswa ditekankan untuk memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan di dunia nyata yang luas,” katanya.

Sebagai informasi, kegiatan PKKMB di Universitas PGRI Pontianak ini akan diisi dengan berbagai agenda menarik, seperti pengenalan fakultas dan program studi, diskusi panel, dan kegiatan sosial yang bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa baru yang siap menghadapi dunia perkuliahan dan berkontribusi bagi masyarakat.

PKKMB Universitas PGRI Pontianak diharapkan dapat menjadi momen yang berkesan bagi mahasiswa baru, sekaligus menjadi landasan awal untuk meraih kesuksesan dalam perjalanan akademik mereka. (**)

Comment