Gandeng Telkom University, Pemprov Kalbar Ingin Tingkatkan Kualitas Pendidikan Perbatasan

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terus berupaya melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui bidang pendidikan.

Bertempat di Ruang Kerja Gubernur Kalbar, Pj Gubernur Kalbar, Harisson, didampingi jajaran instansi terkait menerima audiensi Wakil Rektor 1 Telkom University Bidang Akademik, Dadan Rahadian beserta jajaran, dalam rangka membahas kerja sama bidang pendidikan, Rabu (16/10/2024).

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Kalbar mengapresiasi pihak Telkom University yang ingin melakukan kerja sama dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di kawasan perbatasan Kalbar.

“Memang masalah terberat kita di bidang IPM, jadi saya berterima kasih kepada pihak Telkom University yang ingin bekerjasama dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ada di kawasan perbatasan,” tutur Harisson.

Baca Juga :  Sinergitas Pemkot dan Pemprov Dorong Perekonomian Kalbar

Selain itu, Harisson menyampaikan, bahwasanya pemerintah terus berupaya melakukan kerja sama bersama beberapa perguruan tinggi maupun stakeholder terkait dalam hal meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Kami dari pemerintah selalu berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan salah satunya yaitu melakukan kerja sama dengan setiap perguruan-perguruan tinggi dan stakeholder terkait di antaranya kerja sama yang sudah terjalin di bidang mutu pendidikan,” paparnya.

Di sisi lain, Wakil Rektor 1 Telkom University (TelU), Dadan Rahadian menyampaikan, bahwa untuk saat ini TelU telah melakukan penjajakan di kawasan perbatasan Kalbar, bahkan dalam waktu dekat akan merencanakan memberikan beasiswa kepada siswa perbatasan untuk menempuh ilmu di kampus TelU.

“Jadi sebenarnya saat ini kami sudah melakukan langkah-langkah maupun program untuk para siswa perbatasan yang mana akan kami sediakan setidaknya ada 10 siswa yang ingin bergabung di Perguruan Tinggi TelU,” ujar Dadan.

Baca Juga :  Kendati Tipis, Pemprov Kalbar Masih Mampu Turunkan Angka Kemiskinan di Saat Pandemi

Dirinya juga berharap, dengan pertemuan ini Pemerintah Provinsi Kalbar bisa berkolaborasi bersama Telkom University untuk menjalankan program ini kedepannya.

“Tentu dari pertemuan ini intinya kami ingin Kolaborasi bersama Pemprov Kalbar untuk membangun dunia pendidikan di Kalbar khususnya di daerah perbatasan, mengingat Kalimantan Barat ini menjadi salah satu pintu utama dalam menjaga kedaulatan negara,” imbuhnya. (Lid)

Comment