Kamaruzaman dan Harrison Tinjau Kios Pupuk Subsidi di Rasau Jaya: Pastikan Tepat Sasaran

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman, bersama Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harrison, meninjau Kios Pupuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Makarti Mukti Tama di Desa Rasau Jaya Satu, Kecamatan Rasau Jaya, Rabu (03/07/2024). Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan bahwa distribusi pupuk subsidi kepada petani tepat sasaran.

Kamaruzaman menjelaskan, bahwa saat ini, terdapat 14 kios pupuk bersubsidi yang tersebar di delapan kecamatan di Kubu Raya. Hanya Kecamatan Batu Ampar yang masih dalam proses pengadaan kios.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Ketersediaan pupuk saat ini aman. Namun, ada beberapa kendala seperti jarak yang jauh antara petani dan kios, serta masalah akses internet untuk menggunakan aplikasi pemesanan pupuk,” ujarnya.

Baca Juga :  Syarif Kamaruzaman Tutup MTQ X: Sungai Kakap Raih Juara Umum, Sungai Raya Tuan Rumah MTQ XI

Menurutnya, upaya saat ini adalah bagaimana kios dapat lebih mudah diakses oleh petani, terutama yang berada di daerah terpencil.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalbar, Harrison mengungkapkan, bahwa peninjauan bersama Pj Bupati Kubu Raya bertujuan untuk memastikan distribusi pupuk bersubsidi berjalan sesuai rencana dan menghindari penyelewengan.

“Kami ingin memastikan bahwa tidak ada kemungkinan penyelewengan dalam distribusi pupuk,” kata Harrison.

Baca Juga :  Kamaruzaman Hadiri Panen Raya Padi GNPIP Wilayah Kalbar di Sungai Kakap

Ia melanjutkan, kalau Ketua Gapoktan Makarti Mukti Tama juga menjelaskan, bahwa untuk menebus pupuk di kios, petani harus menggunakan aplikasi, melampirkan KTP, dan menandatangani melalui aplikasi.

“Kesulitan terjadi bagi petani yang jauh dari kios karena harus melakukan semua proses ini secara online,” tambah Harrison.

Untuk mengatasi masalah ini, Harrison berencana mengusulkan kepada Kementerian Pertanian RI agar proses pendistribusian pupuk bisa dipermudah. (Jau)

Comment