PLN Luncurkan Program TJSL UMKM Rumah Adat Songket Mempawah

Dukung Pelestarian Budaya dan Pembangunan Berkelanjutan

KalbarOnline, Mempawah – PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan melalui PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban (UP2B) Kalimantan Barat (Kalbar) meresmikan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Rumah Adat Songket Mempawah, Selasa (11/06/2024).

Kegiatan itu dihadiri oleh berbagai tokoh penting dan masyarakat setempat di Rumah Adat Songket, sebuah tempat yang didedikasikan untuk pelestarian dan pengembangan kerajinan tradisional songket khas Mempawah.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

General Manager PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro menjelaskan, bahwa program TJSL yang baru saja diresmikan bertujuan untuk melestarikan kesenian adat songket Mempawah dan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs).

Upaya ini, lanjutnya, diharapkan dapat berkontribusi pada pencapaian SDGs ke-8 tentang pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta SDGs ke-12 mengenai konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

“Dengan sejarah yang kaya yang berakar pada budaya Melayu, menenun songket di Mempawah bukan hanya sebuah kerajinan tetapi juga cara hidup. Sehingga, selain melestarikan kesenian adat songket Mempawah, kami berharap melalui program ini akan terdapat peningkatan kualitas hidup dan kesempatan ekonomi yang lebih besar,” jelas Salam.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Manager PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pontianak selaku PLH Manager PLN UP2B Kalbar, Sudarto, yang menyampaikan dukungan penuh pemerintah daerah dalam upaya melestarikan kebudayaan lokal sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM.

Baca Juga :  Dua Hari Libur Panjang, 336 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat untuk mengembangkan potensi daerah.

“Melalui dukungan dan kolaborasi dengan berbagai pihak, kami yakin kesenian adat songket Mempawah ini akan terus memperluas jangkauan produk songket ke pasar nasional dan internasional,” katanya.

“Melalui program TJSL yang kami resmikan hari ini, semoga dapat melestarikan dan mempromosikan seni yang tak lekang oleh waktu, serta berperan penting dalam memastikan bahwa keterampilan dan pengetahuan diwariskan dari generasi ke generasi,” ungkap Sudarto menambahkan.

Turut hadir dalam acara ini Camat Jungkat, Mahmud Hasan yang juga memberikan sambutannya. Mahmud mengapresiasi inisiatif ini sebagai langkah positif dalam memberdayakan masyarakat dan mempromosikan kekayaan budaya lokal kepada dunia luar.

“Program ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat sekaligus menjaga warisan budaya kita. Karena songket, kain tenun tangan dengan pola rumit yang dihiasi dengan benang emas atau perak, telah lama dihormati karena keahlian dan makna budayanya yang luar biasa,” ujarnya.

Hadir pula dalam acara tersebut Raja Mempawah ke-13, Mardan Adijaya Kusuma Ibrahim yang memberikan restu dan dukungannya terhadap program ini.

Dalam pidatonya, Mardan menekankan pentingnya menjaga warisan budaya dan mendukung generasi muda dalam melanjutkan tradisi yang telah diwariskan oleh nenek moyang. Dirinya juga berharap agar program ini dapat memperkuat identitas budaya Mempawah di mata dunia.

Baca Juga :  PLN Olah Limbah Batu Bara Menjadi Paving Block untuk Masjid

“Kami berharap program ini dapat menjadi menjadi wadah bagi para pengrajin lokal untuk mengembangkan keterampilan mereka dan memasarkan produk songket ke pasar yang lebih luas,” katanya.

“Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menarik minat generasi muda agar turut melestarikan dan mengembangkan budaya songket, sehingga warisan ini tetap hidup dan berkembang di masa depan,” pungkas Mardan.

Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Raja Mempawah ke-13 dan Sudarto, disaksikan oleh semua tamu undangan dan masyarakat yang hadir.

Setelah prosesi peresmian, para tamu diajak untuk melihat langsung proses pembuatan songket dan hasil-hasil karya UMKM setempat. Beberapa produk unggulan yang dipamerkan antara lain songket dengan motif khas Mempawah, yang diproduksi dengan teknik tradisional namun dikemas dengan desain modern yang menarik.

Dengan peresmian program ini, diharapkan akan muncul berbagai inovasi dan kreativitas baru dalam dunia kerajinan songket, yang tidak hanya mengangkat nama Mempawah, tetapi juga memperkuat perekonomian lokal melalui sektor UMKM. (Jau)

Comment