Kontes Ikan Arwana Super Red di Putussibau Bakal Dihadiri 5 Negara

KalbarOnline, Putussibau – Ikan arwana (ikan siluk) adalah spesies atau fauna yang berkembang biak di aliran danau  yang memiliki keunikan maupun ciri khas yang spesifik dibandingkan dengan ikan ikan lainya.

Warna dari ikan arwana pun memiliki beberapa jenis warna, ada putih, hijau, kuning dan merah (super red).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Secara alami, ikan arwana super red hanya ada di Kabupaten Kapuas Hulu, sehingga wajar jika arwana super red ini memiliki nilai jual tinggi di pasaran dan memiliki keistimewaannya tersendiri.

Penangkar sekaligus pecinta ikan arwana di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Mustaqim kepada KalbarOnline membenarkan, jika ikan arwana yang sejauh ini menarik dan sangat diminati para pembeli adalah yang berwarna merah atau super red.

“Ikan arwana super red hanya ada di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, karena habitat ikan arwana super red itu hanya ada di Kabupaten Kapuas Hulu,” ungkapnya, Sabtu (3/08/2024).

Baca Juga :  Komunitas Pers Minta Pasal 2d Maklumat Kapolri Dicabut

Dengan daya tarik alami tersebut, Mustaqim turut menginformasikan, kalau pihaknya dalam waktu dekat ini juga akan melaksanakan kontes arwana super red di Kapuas Hulu.

Kalau tidak ada halangan, kontes tersebut akan dilaksanakan pada September mendatang. Ia pun berharap adanya  dukungan dari semua pihak untuk berpartisipasi dalam kegiatan kontes yang akan diselenggarakan di Kota Putussibau.

“Sebagai motto kami adalah ‘Salam Satu Hobi’, kami sebagai komunitas pecinta ikan arwana Indonesia Kabupaten Kapuas Hulu akan menggelar kontes ikan arwana super red,” katanya.

Pria yang akrab disapa Musblack itu menyampaikan, akibat dampak Covid-19 beberapa waktu lalu, harga ikan arwana super red di Kapuas Hulu anjlok drastis. Untuk bisa memulihkan dan menstabilkan harga jual ikan arwana super red, perlu dilakukan terobosan, yang salah satunya adalah dengan diadakan kontes ikan arwana super red.

Baca Juga :  Wujudkan Smart City di IKN, PLN Siapkan Jaringan Listrik Terintegrasi Layanan Teknologi Digital

Dengan akan digelarnya kontes ikan arwana super red nantinya, maka secara tidak langsung bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kapuas Hulu khususnya penangkar ikan arwana.

“Kontes ikan arwana super red ini rencananya akan diikuti dari daerah lain bahkan dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Jepang dan Cina. Dan para penghobi ikan arwana super red diyakini ramai kembali peminatnya,” ucap Musblack. (Haq)

Comment