Jelang H-2, Asbanda Lakukan Penyegelan Peralatan Undian Tabungan Simpeda

KalbarOnline, Pontianak – Puncak acara Penarikan Undian Nasional Tabungan Simpeda semakin dekat. Hiruk pikuk sudah terasa di H-2 acara puncaknya yang akan dihelat pada 8 Agustus 2024 di Kalimantan Barat.

Serangkaian kegiatan juga telah dimulai oleh Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) dan tuan rumah Bank Kalbar, seperti melakukan penyegelan terhadap peralatan undian di Hotel Mercure Pontianak, Selasa (06/08/2024).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Direktur Eksekutif Asbanda, Wimran Ismaun mengatakan, sebanyak 23 dari 27 BPB seluruh Indonesia ikut dalam acara penarikan undian ini. Ia menjelaskan, kalau tabungan simpeda merupakan produk tabungan yang menjadi perekat seluruh BPD yang ada di Indonesia.

“Setiap tahun, undian dilaksanakan dua kali, yang mana tuan rumah atau penyelenggaranya dilakukan secara bergilir,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk periode ini, Bank Kalbar yang menjadi tuan rumah penyelenggaraanya.

“Hadiah satu dan dua, akan dilaksanakan pada malam puncak yang akan digelar pada tanggal 8 Agustus 2024. Untuk total hadiah yang diperebutkan adalah sebesar Rp 3 miliar,” ucapnya.

Baca Juga :  Jokowi: Menumbuhkan Rasa Malu Penting untuk Cegah Korupsi

Raminuddin, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat mengatakan, bahwa kegiatan penyegelan peralatan pengundian sudah biasa dilaksanakan oleh dinas sosial sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat dalam hal ini kementerian sosial. Penyegelan itu, dilakukan dengan dua cara yakni peralatan mesin dan komputer.

“Sudah kita segel dan saksikan bersama, peralatannya sudah berfungsi dengan baik dan datanya sudah kita lakukan penyegelan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ucap Raminuddin.

Penyegelan ini menurutnya dilakukan untuk memberikan kepercayaan kepada publik bahwa peralatan untuk pengundian, khususnya pada undian simpeda di tingkat nasional ini berjalan dengan ketentuan yang berlaku.

“Sehingga memberikan kepercayaan pada publik khususnya masyarakat Indonesia yang menabung di BPD,” pungkasnya.

Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi mengucapkan syukur dan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang mendukung penuh acara Penarikan Undian Nasional Tabungan Simpeda yang bakal digelar pada tanggal 7 – 8 Agustus 2024.

Baca Juga :  Dukung Penuh Penyelenggaraan Porprov XIII, Kadisporapar Kalbar: Ajang Gali Potensi Atlet-atlet Terbaik

Rokidi menyatakan, rangkaian kegiatan ini tidak hanya berpusat di Kota Pontianak namun juga di Kota Singkawang, sebagai salah satu ikon wisata di Kalbar.

“Untuk persiapan kegiatan ini sudah 95 persen,” katanya.

Rokidi melanjutkan, penarikan undian akan dilakukan secara manual melalui mesin tabung bola yang merupakan puncak dari kegiatan undian secara nasional, dengan hadiah utama adalah Rp 500 juta.

“Terbesar Rp 500 juta dan terkecil adalah Rp 100 juta, untuk lima pemenang yang diperebutkan seluruh BPD yang ada di Indonesia. Ada 27 BPD dan yang mengikuti undian ini ada 23 BPD,” tuturnya.

Rokidi menambahkan, digelarnya undian berhadiah secara nasional ini adalah untuk memupuk keinginan masyarakat untuk gemar menabung. Dirinya pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan produk-produk keuangan yang dimiliki oleh BPD. (Jau)

Comment