Tekan Inflasi, Dinas Pertanian Perkebunan dan Pangan Kapuas Hulu Luncurkan Program Tanam Cabai

KalbarOnline, Putussibau – Dinas Pertanian Perkebunan Kabupaten Kapuas Hulu meluncurkan program tanam cabai dalam rangka mengantisipasi dan menekan angka inflasi di Kabupaten Kapuas Hulu, pada Kamis (15/08/2024).

Peluncuran itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini, Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf Nasli, sejumlah kepala OPD dan undangan lainya.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Mohd Zaini dalam kesempatan itu mengatakan, kalau pihaknya bersyukur bahwa inflasi di Kabupaten Kapuas Hulu  terus menerus dan dalam jangka waktu tertentu bisa dikendalikan.

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, lanjut Zaini, terus menjamin kestabilan harga pangan, dan tentu ini berdampak positif untuk masyarakat.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Serahkan Bantuan Presiden ke Kapuas Hulu

“Melalui launching (peluncuran) tanam cabai massal ini, saya harapkan masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan dengan menanam cabai maupun sayur mayur untuk solusi dalam mengatasi tingginya harga dan kelangkaan pangan di pasaran terutama komiditi cabai,” katanya.

Zaini pun mengharapkan, kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat serta kepada kita semua guna memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

“Selain itu, dengan produksi cabai dan sayuran yang meningkat, kegiatan ini dapat menjaga stabilitas ketersediaan  stok dan harga pangan,” ujarnya.

Baca Juga :  Kunjungi Teluk Pakedai, Gubernur Sutarmidji Kembali Serahkan Bansos Kepada Masyarakat

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Hiasintus Gunung Agung menyampaikan, kecukupan komoditas cabai merupakan salah satu penyeimbang lainya seperti sembako dan juga bantuan tunai (BLT).

“Guna menekan daya inflasi, selain (yang menjadi faktor) beras, daging, telur, bawang merah, bawang putih. (Program tanam cabai ini) untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menekan inflasi,” sampai Gunung Agung. (Haq)

Comment