Menteri AHY Kenakan Baamar Galung Pancar Matahari dari Kalimantan Tengah

Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN

KalbarOnline, Kaltim – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, pada Sabtu (17/08/2024).

Upacara yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini digelar di Lapangan Upacara Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Dalam kesempatan itu, Menteri AHY bersama Pembina Ikawati ATR/BPN RI, Annisa Pohan Yudhoyono mengenakan baamar galung pancar matahari, pakaian adat dari daerah Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Pakaian yang biasa dipakai oleh pengantin dari Suku Banjar ini memiliki ciri khas aplikasi warna dan detail yang gemerlap, sehingga seolah bermandikan sinar matahari.

Baca Juga :  Kementerian ATR/BPN Raih Opini WTP 12 Kali Berturut-turut, Menteri AHY Apresiasi Kinerja Seluruh Jajaran

Melengkapi pakaian adatnya, Menteri AHY mengenakan hiasan kepala, jas, celana panjang, dan sarung pendek sepanjang lutut.

Sementara itu, Annisa Pohan Yudhoyono sendiri mengenakan amar/mahkota dari logam berwarna emas berbentuk dua naga berebutan mustika dan tumpukan kembang goyang yang dipercantik dengan hiasan bunga serta ronce dari kelopak mawar merah dan kembang melati yang menguncup untuk melambangkan kesucian. (Jau)

Comment