Alasan Lasarus Tak Maju Pilgub Kalbar: Ibu Megawati Masih Butuh Saya di DPR RI

KalbarOnline, Pontianak – Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus menjelaskan alasan mengapa ia tidak maju dalam Pemilihan Gubernur Kalbar pada pilkada 2024. Salah satu alasannya adalah permintaan dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, agar ia tetap menjalankan tugas penting di DPR RI.

Alasan tersebut disampaikan Lasarus saat mendampingi bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan dan Krisantus mendaftar ke KPU Kalbar sebagai partai pengusung, pada Kamis (29/08/2024).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Partai berkeinginan berbeda, oleh ketua umum, Ibu Megawati Soekarno Putri menyampaikan kepada saya melalui rapat DPP partai, saya masih tetap ditugaskan di Dewan Perwakilan Rakyat RI,” ungkapnya.

Lasarus mengaku memiliki keinginan untuk maju sebagai Gubernur Kalbar setelah 15 tahun berkarir di dunia politik dan menjadi ketua komisi di DPR RI. Namun, ia menegaskan bahwa dalam pengambilan keputusan partai, semua harus melalui mekanisme yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  SE Kemendikbud Soal Demo, BEM SI: Pembungkaman Civitas Akademika

“Saya tentu berproses, kita di partai politik itu antara keinginan dengan kepentingan partai politik itu belum tentu sama. Mungkin masyarakat Kalbar menunggu-nunggu kenapa pengumuman pertama tidak ada, pengumuman ke dua tidak ada, ketiga juga tidak ada. Itu berarti saya sedang berproses,” jelasnya.

“Saya termasuk senior di fraksi, dan kemudian dengan jam terbang yang lumayan tinggi di DPR RI, mungkin dipandang perlu oleh fraksi bahwa ketum menugaskan saya tetap di DPR,” tambahnya.

Kemudian setelah memutuskan untuk tidak maju dalam pilgub, Lasarus memilih kader putra terbaik Kalbar yang layak membawa perahu PDI Perjuangan dalam Pilgub Kalbar.

“Saya coba tanya ke semua pihak, sehingga berkomunikasi lah saya dengan Pak Ria Norsan. Kemudian dipilih wakilnya siapa, jatuhlah pilihan kepada Krisantus, yang sudah mempunyai jam terbang. Beliau sudah 20 tahun lebih di DPR baik di kabupaten, provinsi ke DPR RI,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Dampingi Ketua Komisi V DPR-RI Tinjau Normalisasi Danau di Kota Putussibau

Meskipun tak berkesempatan untuk maju sebagai gubernur, Lasarus menegaskan dirinya tetap berkomitmen membangun Kalbar.

“Saya punya posisi strategi di Jakarta sana, saya tidak perlu cerita berapa banyak karya yang sudah saya lakukan di Kalbar, dan itu akan terus saya lakukan. Mudah-mudahan kalau masih diperkenankan memegang posisi penting di sana, mudah-mudahan tetap amanah dan bermanfaat untuk masyarakat Kalbar,” pungkasnya. (Lid)

Comment