Pj Gubernur Harisson Ajak Perusahaan Sawit Perhatikan Kesejahteraan Pekerja Wanita

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka mencapai visi Indonesia Emas 2045, perhatian terhadap kesejahteraan pekerja, khususnya perempuan, menjadi sangat penting. Dengan memastikan hak-hak pekerja terpenuhi, tidak hanya menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Keterlibatan perempuan pada industri perkebunan kelapa sawit sebagai salah satu bagian penting dalam proses di sektor hulu maupun hilir. Namun masih terdapat isu-isu negatif terkait dengan hak-hak pekerja perempuan dan dianggap merugikan pekerja perempuan.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Berkaitan dengan hal tersebut, dipandang perlu untuk duduk bersama dalam menjaga dan melindungi hak para pekerja perempuan khususnya di bidang perkebunan sawit.

“Hal seperti ini harus diperhatikan hak-haknya oleh perusahaan kelapa sawit seperti kesehatan, kesejahteraannya. Jangan sampai kita menyamakan tenaga kerja yang pria dan wanita, karena secara fisik atau energi sudah berbeda,” ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson.

Baca Juga :  Pj Kepala Daerah yang Mau Maju Pilkada Harus Mengundurkan Diri

Hal itu disampaikannya saat membuka secara langsung Sosialisasi dan Workshop Perlindungan Pekerja Perempuan Perkebunan Kelapa Sawit Kalimantan Barat di Hotel Golden Tulip Pontianak, Rabu (28/08/2024).

Harisson menyebutkan, bahwa sekitar 85% pekerja wanita perkebunan kelapa sawit merupakan buruh dan sisanya merupakan pekerja administrasi atau perkantoran. Ia menegaskan akan selalu memantau melalui Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar terhadap perusahaan dalam melindungi pekerja perempuan.

“Saya akan terus memantau bagaimana pelaksanaan perlindungan tenaga kerja wanita di perkebunan kelapa sawit dan secara umum/semua industri juga akan kita perhatikan pemenuhan hak-hak tenaga kerja wanita,” tegasnya.

Baca Juga :  Unek-unek Warga Pasca Sidak Ketua Dewas, Cerita Pasien RSUD Soedarso Menunggu 3 Hari di IGD

Terkait menuju Indonesia Emas 2045, Pj Gubernur menekankan pentingnya perusahaan sawit turut berperan aktif dalam penurunan angka stunting di Kalbar.

“Tolong, saya minta stunting diperhatikan, perusahaan perhatikan anak karyawan anda, karena stunting di Kalbar masih relatif tinggi. Ayo sama-sama kita pintarkan anak-anak Kalbar menuju 2045,” kata dia.

Agenda tersebut turut dihadiri Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Pusat dan Gapki Kalbar serta kepala perangkat daerah kalbar terkait serta forum atau organisasi pekerja wanita Kalbar. (Jau)

Comment