Hari Pariwisata Sedunia, Ini 5 Wisata Alam di Kalbar yang Harus Dikunjungi

KalbarOnline, Pontianak – Setiap tanggal 27 September diperingati sebagai World Tourism Day atau Hari Pariwisata Sedunia. Peringatan tersebut ditetapkan oleh World Tourism Organization (WTO) bertujuan untuk mendorong pertumbuhan pariwisata sebagai sektor vital dalam perekonomian global.

Di Kalimantan Barat sendiri, ada beragam destinasi tempat wisata alam yang mempesona dan indah yang harus dikunjungi. Mulai dari pantai bukit hingga air terjun. 

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Berikut ini 5 destinasi wisata alam terbaik di Kalbar yang harus kamu kunjungi.

1. Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan merupakan destinasi wisata alam yang populer di Kalimantan Barat, yang berada di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang. Pulau ini menyunguhkan keindahan bawah laut yang memanjakan mata. Wisatawan bisa melakukan snorkeling untuk melihat panorama terumbu karang yang memiliki beragam variasi warna, serta terdapat ikan nemo yang berenang kesana kemari.

Baca Juga :  Tim Koalisi dan Relawan Semakin Solid, Kemenangan Midji – Norsan Sudah Didepan Mata

2. Riam Merasap

Riam Merasap terletak di Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang. Air terjun ini merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi.  Air terjun ini memiliki julukan sebagai niaga kecil. Aliran air terjun yang deras hingga menciptakan kabut dingin dari percikan air yang jatuh membuat air terjun ini dinamakan Riam Merasap. Para wisatawan juga bisa melakukan arung jeram yang telah difasilitasi di sana.

3. Pulau Temajo Mempawah

Berkunjung ke Kalimantan Barat, belum lengkap rasanya apabila belum mampir ke tempat wisata bak kepingan surga. Pulau Temajo terletak di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Tidak hanya menyuguhkan pantai pasir panjang yang landai dengan pasirnya yang putih dan halus. Di sana tersedia juga berbagai fasilitas bermain seperti kano, stand up paddle, polo ball, fliesbee, ada sepeda untuk keliling pulau dan peralatan snorkeling.

Baca Juga :  Kisah Mahasiswa Jerman ke Pontianak Ajarkan Bahasa Inggris di Panti Asuhan

4. Bukit Kelam

Bukit Kelam merupakan salah satu ikon wisata di Sintang Kalimantan Barat. Bukit Kelam menawarkan pemandangan eksotis dari puncak bukit. Hamparan luas Kota Sintang dan hutan terlihat semakin indah dari atas bukit ini. Bukit Kelam kabarnya diklaim sebagai batu monolit terbesar di dunia.

5. Danau Sentarum

Danau Sentarum menawarkan pemandangan yang sangat berbeda dengan danau-danau lainnya di Indonesia. Berlokasi di Kapuas Hulu, danau ini adalah rumah bagi berbagai spesies ikan dan satwa liar. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sembari mempelajari keanekaragaman biologis yang kaya. (Lid)

Comment