Sapa Pedagang, Norsan Bahas Penataan Pasar Sambas

KalbarOnline, Sambas – Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Ria Norsan menyapa para pedagang pasar di kawasan terminal Sambas, Sabtu (05/10/2024) pagi.

Norsan disambut hangat para pedagang dan warga yang tengah bertransaksi jual beli. Dalam kesempatan itu, dia juga menampung aspirasi serta harapan dari para pedagang.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Wakil Gubernur Kalbar periode 2018 – 2023 itu, juga mengamati kondisi pasar yang belum tertata dengan rapi. Hal ini pun akan menjadi perhatiannya untuk dibenahi.

“Ini adalah pasar dadakan di pinggir jalan tempat orang lalu lalang. Mungkin bisa diakomodir ke Pasar Inpres yang dibangun pemerintah, untuk kenyamanan pedagang,” ujar Norsan.

Baca Juga :  Norsan: Tidak Masalah Kalau Harga Sembako Naik, Selama Barangnya Tersedia

Dia mengatakan, di Kabupaten Mempawah dan Kota Pontianak misalnya, para pedagang yang berjualan di pinggir jalan telah diakomodir dan ditata di Pasar Inpres atau rakyat.

Maka itu, hal serupa menurutnya bisa diimplementasikan ke para pedagang di terminal Sambas ini. Tinggal bagaimana membangun komunikasi dengan para pedagang.

“Dibuat pasar yang tak jauh dari masyarakat, sehingga mudah dijangkau. Tidak di jalan. Melihatnya memang asyik, tapi memang harus ditata,” kata Norsan.

Baca Juga :  Gara-gara Permainan Mobile Legends, Anak Bawah Umur di Sambas Tega Bunuh Teman Sendiri

Di sisi lain, cagub yang berpasangan dengan Cawagub Krisantus Kurniawan itu, juga telah menyusun skema bantuan untuk para pedagang yang akan mengembangkan usahanya.

“Nanti ada istilahnya satu badan khusus yang menangani ini. Bagi pedagang kaki lima (PKL) yang membuat badan hukum, nanti dia bisa juga mengajukan pinjaman,” pungkas Norsan. (**)

Comment