Tayang di Netflix, Film Kabut Berduri Terinspirasi dari Penelitian Perbatasan di Kalimantan

KalbarOnline, Pontianak – Film berjudul “Kabut Berduri” yang mengangkat kisah tentang pembunuhan misterius yang terjadi di perbatasan Indonesia – Malaysia di Kalimantan Barat, resmi tayang di Netflix mulai hari ini, 1 Agustus 2024.

Melansir dari berbagai sumber, ide film bergenre crime-investigative thriller ini disebut lahir dari riset yang dilakukan seorang antropolog, Dave Lumenta, pada masa 2000-an. Saat itu, Dave tengah meneliti tentang kawasan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Kalimantan pada masa transisi dari orde baru ke era reformasi. Masa-masa pembalakan liar sedang marak terjadi, antara tahun 2005 – 2008.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Kala itu, Dave tidak melihat kawasan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia dari sudut pandang nasionalisme, tetapi melihat negara sebagai pendatang baru di kawasan perbatasan tersebut.

Baca Juga :  Pemain Baru Squid Game 2 Dirilis, Ada T.O.P Bigbang

Untuk kebutuhan film, Palari Films, rumah produksi yang menggarap film ini pun lalu melakukan riset kembali pada 2012. Pada saat itu, Dave pun mengajak Edwin bersama penulis skenario Ifan Ismail.

Secara umum, Kabut Berduri menceritakan kisah seorang detektif yang menelusuri kasus pembunuhan misterius di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Kasus ini memaksanya menghadapi masa lalunya. Kabut Berduri menggabungkan elemen investigasi kejahatan yang intens dengan eksplorasi tentang isu-isu sosial.

Baca Juga :  Flame Fest Go Pontianak Hadirkan Noah hingga Vierratale, Catat Tanggalnya!

Film Kabut Berduri ini dibintangi Putri Marino, Yoga Pratama, Lukman Sardi, Yudi Ahmad Tajudin, Yusuf Mahardika, Iedil Dzuhrie Alaudin, Kiki Narendra, Siti Fauziah dan Sita Nursanti. (Lid)

Comment