Resmi Ditutup, KPU Ketapang Terima Pendaftaran Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang resmi menutup pendaftaran calon Bupati dan calon Wakil Bupati Ketapang di pilkada serentak tahun 2024 pada pukul 23:59 WIB, Kamis (29/08/2023).

Sejak dibuka dari tanggal 27 Agustus hingga hari terakhir tanggal 29 Agustus 2024, tiga pasangan calon (paslon) sudah resmi mendaftarkan diri untuk bertarung dalam Pilkada Kabupaten Ketapang pada 27 November mendatang.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Ketua KPU Kabupaten Ketapang, Ahmad Shiddiq mengatakan, kalau berkas ketiga paslon tersebut telah diterima oleh pihaknya.

“Untuk tiga pasangan calon yang sudah mendaftar seluruhnya kami terima dan kami sudah keluarkan tanda terima,” ujarnya saat dikonfirmasi KalbarOnline usai masa pendaftaran.

Ahmad Shiddiq menyebutkan bahwa setelah menerima pendaftaran bakal paslon, pihaknya melakukan verifikasi kelengkapan dokumen persyaratan sesuai Peraturan KPU nomor 2 tahun 2024.

Baca Juga :  Sertijab Lapas Kelas II B Ketapang, Ali Imran Sampaikan Ucapan Terima Kasih kepada Warga Ketapang

“Semua dokumen untuk syarat pencalonan ada tinggal pada proses berikutnya kita akan lakukan pemeriksaan administrasi khusus untuk syarat calon,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ahmad Shiddiq menjelaskan, kalau tahapan selanjutnya bakal paslon akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Soedarso Pontianak sebagai salah satu syarat pencalonan.

“Mulai besok sebagian akan bergeser ke Pontianak karena mulai tanggal 31 Agustus kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan rumah sakit umum Soedarso. Yaitu dari rentang waktu dari tanggal 31 Agustus sampai 2 September,” jelasnya.

Adapun tiga paslon yang telah mendaftarkan diri ke KPU Ketapang, yakni Farhan-Leonardus Rantan yang diusung oleh koalisi Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PKB dan PKS. Pasangan ini yang pertama kali mendaftarkan diri ke KPU pada hari kedua sejak dibuka 27 Agustus 2024.

Baca Juga :  Peringati Hari Jadi Dengan Berbagi Bersama Sahabat LKBK

Kemudian pasangan Junaidi-Suprapto yang diusung oleh koalisi Perjuangan Rakyat Untuk Perubahan yang terdiri dari partai Nasdem, PDI Perjuangan dan PPP. Pasangan ini mendaftar pada sore hari terakhir masa pendaftaran.

Terakhir, pasangan Alexander Wilyo-Jamhuri Amir yang diusung oleh Partai Hanura, Perindo dan PSI serta PAN yang putar haluan setelah sebelumnya sempat mengantarkan pasangan Farhan-Leonardus Rantan untuk mendaftar di KPU. Selain itu, di menit terakhir Partai Gelora dan Buruh juga ikut bergabung mengusung pasangan ini. (Adi LC)

Comment