Enam Paslon Kepala Daerah di Kalbar Jalani Tes Kesehatan dan Narkotika di RSUD Soedarso Pontianak

KalbarOnline.com – Sebanyak enam pasangan calon (bapaslon) kepala daerah yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Kalimantan Barat (Kalbar) telah menjalani serangkaian tes kesehatan dan pemeriksaan narkotika di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso, Kamis (29/8/2024).

RSUD Soedarso, yang merupakan rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar, bekerja sama dengan sembilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota se-Kalbar untuk pelaksanaan pemeriksaan ini. Sembilan KPU tersebut meliputi KPU Landak, Sintang, Bengkayang, Sanggau, Pontianak, Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang, dan Kubu Raya. Total ada 21 pasangan calon yang akan menjalani pemeriksaan di RSUD Soedarso.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Tes kesehatan dan pemeriksaan narkotika terhadap bapaslon ini dilakukan di Gedung Poliklinik Terpadu RSUD Soedarso. Direktur RSUD Soedarso, Hary Agung Tjahyadi, menjelaskan bahwa pemeriksaan ini berlangsung selama beberapa hari.

“Ini adalah hari kedua pemeriksaan untuk bakal calon kepala daerah dari sembilan kabupaten/kota yang bekerja sama dengan RSUD Soedarso. Hari ini, ada enam pasangan dari empat kabupaten/kota yang menjalani pemeriksaan. Sedangkan kemarin, ada dua pasangan dari Kabupaten Bengkayang dan Kubu Raya yang melanjutkan pemeriksaan mereka,” ujarnya pada Jumat (30/8).

Baca Juga :  Tahapan Pilkada 2018, Gidot Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RS Soedarso Pontianak

Pada hari pertama pemeriksaan, dua pasangan calon yang telah menjalani tes kesehatan adalah Sujiwo-Sukiryanto dari Kabupaten Kubu Raya dan Sebastianus Darwis-Syamsul Rizal dari Kabupaten Bengkayang. Sementara itu, pada hari kedua, pasangan yang menjalani pemeriksaan meliputi Edi Kamtono-Bahasan dan Mulyadi-Harti dari Kota Pontianak, Rusman Ali-Fachri dan Rosalina-Marijan dari Kabupaten Kubu Raya, serta Dadi-Malin dari Kabupaten Melawi dan Heri Saman-Vinsensius dari Kabupaten Landak.

“Pelaksanaan tes kesehatan ini akan berlanjut hingga 2 September 2024. Kami berharap pada 3 September 2024, kami bisa menggelar pleno dengan tim pemeriksa dan memberikan hasil serta rekomendasi yang akan disampaikan kepada masing-masing KPU kabupaten/kota,” tambah Hary Agung.

Edi Kamtono, salah satu bakal calon kepala daerah dari Kota Pontianak, memuji pelayanan di RSUD Soedarso. “Gedung baru untuk pemeriksaan medis di sini sangat lengkap. Pelayanan juga sudah sangat baik, semoga fasilitas ini terus dirawat dan dijaga, sehingga masyarakat merasa nyaman,” ucapnya.

Mulyadi, bakal calon kepala daerah lainnya dari Kota Pontianak, juga mengungkapkan kesiapan dirinya dalam mengikuti pemeriksaan kesehatan. “Ini adalah bagian dari persyaratan Pilkada 2024 sesuai dengan surat dari KPU. Kami siap melaksanakan pemeriksaan kesehatan mulai hari ini hingga besok,” terangnya.

Baca Juga :  Hery Marantika Resmi Jabat Kepala Kantor SAR

Dari Kabupaten Kubu Raya, bakal calon kepala daerah Sujiwo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KPU dan RSUD Soedarso. “Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Direktur RSUD Soedarso dan Ketua KPU atas pelayanan yang luar biasa dari tenaga medis di sini,” ujarnya.

Pasangan calon dari Kubu Raya lainnya, Rosalina-Marijan, juga berharap seluruh proses pemeriksaan berjalan lancar sehingga mereka dapat memenuhi salah satu syarat untuk melanjutkan kompetisi di Pilkada Kubu Raya.

“Kami bersyukur atas pelayanan yang baik dari Direktur RSUD Soedarso dan jajarannya. Sebagai calon wakil bupati, saya bersama calon bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah melayani kami dengan baik,” tutup Marijan. (Jau)

Comment