RSUD Soedarso Jadi Pusat Pemeriksaan Kesehatan Untuk Para Calon Kepala Daerah se-Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari berbagai daerah se-Kalimantan Barat (Kalbar), sebagai lokasi pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024.

Semua tes yang dibutuhkan akan dilaksanakan di satu tempat, yakni di Gedung Poliklinik Terpadu, RSUD Soedarso.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Direktur RSUD Soedarso, Hary Agung Tjahyadi mengungkapkan, sampai kemarin sudah ada sembilan KPU kabupaten/kota yang menandatangani perjanjian kerja sama tersebut, antara lain KPU Landak, Sintang, Bengkayang, Sanggau, Pontianak, Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang dan Kubu Raya.

Baca Juga :  Poktan Surya Tani Kayong Utara Gelar Seminar Kawal Pilkada Berkualitas

“Total sudah ada sembilan KPU kabupaten/kota (yang bekerja sama), kami juga masih menunggu (KPU) kabupaten/kota lainnya. Tapi yang jelas dengan perjanjian kerja sama ini nanti tahapan pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah itu dilakukan di RSUD Soedarso,” ujarnya kepada awak media, Jumat (23/08/2024).

Hary mengatakan, adapun pemeriksaan yang akan dilakukan meliputi kesehatan jasmani hingga kesehatan rohani (jiwa). Serta ada pula terkait dengan pemeriksaan (tes) narkoba. Nantinya, pelayanan di rumah sakit milik Pemprov Kalbar itu juga akan dikerjasamakan dengan beberapa pelayanan kesehatan lainnya, seperti Klinik Utama Sungai Bangkong, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan juga beberapa RS rujukan lainnya.

Baca Juga :  Hary Agung Tjahyadi, PTT di Pedalaman Kalbar, Dokter Teladan Hingga Kadis Kesehatan (2-habis)

“Kita bergabung nanti di Poliklinik Terpadu (RSUD Soedarso). Dengan itu kami berperan dalam agenda nasional (pilkada serentak) ini untuk memudahkan proses pemeriksaan kesehatan terpadu dalam satu gedung, sehingga calon (kepala daerah) tidak harus datang ke beberapa tempat pelayanan kesehatan,” terangnya. (bar)

Comment