Wabup Kapuas Hulu Minta Bawaslu Laksanakan Tugas dengan Baik dan Profesional

KalbarOnline, Putussibau – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat  menghadiri kegiatan evaluasi pengawasan pemilu 2024 dan pemberian penghargaan bagi panwaslu kecamatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Indoor Voli Putussibau, Rabu (04/09/2024) malam.

Wabup Kapuas Hulu dalam kesempatan itu menekankan pentingnya peran panitia pengawas pemilu kecamatan (panwaslu) dalam melaksanakan tugas pengawasan pemilu di tingkat kecamatan.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Wahyudi menyatakan, bahwa peran badan pengawas pemilu (bawaslu) sangat penting dalam memastikan keberhasilan pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 mendatang.

“Panwaslu mempunyai peran yang sangat vital dalam menjaga keamanan, ketertiban, serta kelancaran pemilu. Kita berharap agar bawaslu dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan profesional, sehingga dapat memastikan pemilu yang berintegritas serta berjalan dengan lancar,”  kata Wahyudi.

Dia juga menambahkan, pentingnya transparansi dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas pemilu, termasuk dalam membuka keterlibatan para pemilih dalam proses pengawasan pemilu tersebut.

Baca Juga :  Bupati Fransiskus Diaan Tutup Pekan Gawai Dayak ke-II Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2023

Bawaslu diharapkannya, dapat membangun hubungan kerja sama dengan semua pihak terkait, termasuk dengan forkopimda, instansi pemerintahan, serta partai politik peserta pemilu.

Dijelaskannya, evaluasi pengawasan pemilu 2024 dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan juga kegiatan evaluasi pengawasan pemilu 2024 oleh panwaslu kecamatan. Evaluasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh proses pengawasan pemilu dilakukan dengan benar dan selaras dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

“Evaluasi ini dilakukan secara merata di seluruh kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu oleh panwaslu kecamatan. Selain itu, panwaslu juga melibatkan masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat dalam proses pengawasan pemilu tersebut agar lebih objektif dan berkualitas tinggi,” tuturnya.

Ditambahkannya, hasil dari evaluasi ini akan digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam merumuskan kebijakan pengawasan pemilu yang lebih baik di tahun-tahun mendatang.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Evaluasi Program Kesehatan Sekaligus Serahkan Bantuan Banjir di Embaloh Hilir

Selain evaluasi pengawasan pemilu, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pemberian penghargaan bagi panwaslu kecamatan yang telah berhasil melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik pada pemilu sebelumnya.

“Penghargaan ini diberikan atas hasil pengawasan pemilu yang berintegritas serta memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Wahyudi berharap, pemberian penghargaan ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi dan dorongan bagi panwaslu di seluruh kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu untuk terus melakukan pengawasan pemilu yang baik dan berkualitas.

“Saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada seluruh panwaslu yang telah menerima penghargaan ini. Terus menjaga kinerja serta menunjukkan prestasi yang lebih baik lagi pada pemilu yang akan datang,” tuturnya. (Haq)

Comment