PWI Kalbar Resmi Daftar ke Kesbangpol

KalbarOnline, Pontianak – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Barat secara resmi mendaftarkan organisasinya ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalbar, Jumat (14/06/2024) pagi.

Pendaftaran organisasi wartawan ke Kesbangpol itu dilakukan oleh Sekretaris PWI Kalimantan Barat, Deska Irnan Syafara didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi, Arman Hairiadi, Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Nina Soraya dan Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan, Marupek.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Kedatangan pengurus PWI Kalimantan Barat tersebut disambut langsung oleh Kepala Kesbangpol Provinsi Kalbar, Manto Saidi didampingi Kepala Bidang Organisasi Kemasyarakatan, Erwin Sitorus.

Deska Irnan Syafara menyampaikan, selain mendaftarkan organisasi, tujuan kedatangan PWI Kalbar ke Kesbangpol untuk silaturahmi sekaligus memperkenalkan pengurus baru hasil Konferensi PWI Kalbar pada 30 Maret lalu.

Baca Juga :  Kebakaran Hiasi Malam Pergantian Tahun Baru Imlek 2019 di Gajahmada Pontianak, Ini Penjelasan Kapolresta

“Ada tiga calon Ketua PWI Kalbar pada Konferensi kemarin. Kundori yang terpilih sebagai ketua,” ucap Deska kepada Kepala Kesbangpol, Manto Saidi pada pertemuan tersebut.

“Hari ini, kami secara resmi mendaftarkan kepengurusan PWI Kalbar Periode 2024 – 2029 ke kesbangpol, supaya kami terdata di pemerintah, sehingga memiliki kekuatan hukum,” tambah Deska.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, bahwa PWI Kalbar saat ini tengah berupaya meningkatkan mutu dan kualitas wartawan dengan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Selain mengadvokasi wartawan, kami juga fokus memberikan pelatihan jurnalistik dan menggelar Uji Kompetensi Wartawan, supaya kerja dan praktek wartawan di lapangan sesuai Kode Etik Jurnalistik,” kata Deska.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Provinsi Kalbar, Manto Saidi menyambut baik pendaftaran PWI Kalbar ke pemerintah, sehingga pihaknya bisa mengetahui organisasi wartawan yang resmi.

Baca Juga :  Harisson Ajak PWI Sinergi Bangun Kalbar

“Saat ini banyak organisasi wartawan. Tapi setahu saya, yang eksis hanya PWI, AJI dan IJTI,” kata Manto.

Ia berharap, PWI Kalbar dapat membantu pemerintah dalam menginformasikan pembangunan-pembangunan yang sedang maupun yang akan dilakukan.

Pada pertemuan tersebut, PWI Kalbar turut menginformasikan terkait agenda pelantikan pengurus periode 2024 – 2029 yang akan dilaksanakan di Pontianak pada 4 Juli mendatang. Pelantikan PWI Kalbar ini turut mengundang Pj Gubernur Kalbar dan bupati serta wali kota se-Kalimantan Barat. (Jau)

Comment