Kubu Raya Percepat Elektronifikasi Transaksi Pemerintahan Daerah

KalbarOnline, Kubu Raya – Untuk mempercepat penerapan elektronifikasi transaksi di pemerintah daerah, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TPPDD), di Kantor Bupati Kubu Raya, pada Selasa (02/07/2024).

Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman yang memimpin rapat itu menjelaskan, bahwa tujuan pertemuan ini adalah untuk membahas implementasi elektronifikasi transaksi di lingkungan pemerintah daerah.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Saat ini, beberapa perangkat daerah masih menggunakan transaksi tunai untuk pendapatan. Kami mendorong percepatan penggunaan sistem nontunai seperti QRIS, M-Banking, atau E-Commerce,” kata Kamaruzaman.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Jadi Pemateri PKN I Terkait Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kalbar Dalam Mendukung IKN

Dirinya menekankan pentingnya tindak lanjut dari hasil pertemuan ini. Ia menyatakan bahwa capaian saat ini sudah cukup baik, namun ada kebutuhan untuk menyelesaikan transisi ke sistem non tunai secara menyeluruh.

“Kami ingin memastikan semua transaksi di Kubu Raya menggunakan metode non tunai,” ujarnya.

Menurut Kamaruzaman, digitalisasi transaksi penting untuk memaksimalkan pendapatan, meningkatkan pergerakan ekonomi, dan mencegah masalah terkait penggunaan uang tunai.

“Digitalisasi membantu mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Potensi pendapatan dari sistem nontunai jelas lebih terukur,” jelasnya.

Baca Juga :  Kendalikan Inflasi Daerah, Pemkab Kubu Raya Teken Kerja Sama dengan Pontianak dan Mempawah

Percepatan dan perluasan digitalisasi daerah mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk Bank Indonesia, OJK dan Bank Kalbar.

“Dukungan dari otoritas keuangan dan pihak terkait sangat jelas. Kami akan melaksanakan semua sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku untuk memastikan digitalisasi transaksi di Kubu Raya berjalan lancar,” pungkasnya. (Jau)

Comment