Server Untan Pontianak Diretas Hacker, 52 Ribu Data Bocor

KalbarOnline, Pontianak – Viral di media sosial X, 52 ribu data Universitas Tanjungpura (Untan), Kalimantan Barat, diduga telah diretas oleh hacker, dan dijual secara online oleh FalconFeedsio.

Kabar tersebut diketahui dari unggahan akun X perusahan keamanan siber @FalconFeedsio. Akun itu menyebutkan bahwa data yang dibobol mencakup ID, email, nama pengguna, kata sandi dan nomor telepon.

Kemudian dalam tangkapan layar sebuah forum terkenal di dark web, mengungkapkan bahwa data pribadi sekitar 52 ribu individu dari Untan telah dibobol dan dijual secara online.

Baca Juga :  Ribut-ribut Soal Jalan Rusak di Medsos, Padahal di Kalbar Tinggal 20-an Persen Lagi

“Seorang anggota BreachForums telah mengunggah tentang pelanggaran data signifikan yang melibatkan Universitas Tanjungpura, sebuah universitas negeri yang berlokasi di Pontianak. Data yang disusupi mencakup sekitar 52.000 data seperti ID, email, nama pengguna, kata sandi, dan nomor telepon,” tulis FalconFeedsio dalam postingannya di X, Senin (08/07/2024) malam.

Akun FalconFeeds.io merupakan situs yang rutin memantau aktivitas siber termasuk dari situs gelap (dark web), pukul 21.37 WIB mengumumkan adanya peretasan oleh hacker di BreachForums terhadap data pribadi di Untan.

Baca Juga :  Periode April Hingga Juni, Angka Kejahatan Siber Melonjak Drastis

Menanggapi hal tersebut, Rektor Untan, Garuda Wiko menyampaikan, kalau saat ini sedang didalami oleh UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untan.

“Terkait data, sedang didalami oleh UPT TIK Untan. Jika sudah ada info lebih lanjut akan segera diberi kabar,” ungkapnya. (Lid)

Comment