Empat Wartawan Aliansi Jurnalis Sambas Lulus Uji Kompetensi Dewan Pers

KalbarOnline, Sambas – Empat wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Sambas (AJS) Kabupaten Sambas lulus uji kompetensi Dewan Pers yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (27/07/2024).

Dua wartawan tersebut diantaranya lulus pada jenjang muda, dan dua lainnya lulus pada tingkat madya. Mereka adalah Antonia Sentia dari Insidepontianak.com, Sairi dari Jurnalis.co.id, Noprianto dari Majalahmataborneonews.com, dan Ya’ M Nurul Anshory dari KalbarOnline.com.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Koordinator AJS, Ya’ M Nurul Anshory mengatakan, uji kompetensi tersebut merupakan upaya meningkatkan kapasitas wartawan di daerah. Para wartawan yang sudah lulus diharapkan menjadi contoh bagi wartawan yang lain.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa sampai hari ini sudah ada sembilan orang wartawan AJS sudah lulus uji kompetensi. Dua diantaranya tingkat madya, dan sisanya tingkat muda.

Baca Juga :  Selesai Deklarasi, Pasangan Fahrur Rofi-Sabib Daftar ke KPU Sambas

“Kami di Aliansi Jurnalis Sambas akan terus mendorong anggota untuk ikut uji kompetensi. Selain meningkatkan kapasitas, uji kompetensi juga dapat memberikan pemahaman tentang cara kerja, nilai-nilai dan kehormatan wartawan di daerah,” ujarnya.

Sementara di lain pihak, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Barat, Kundori berterima kasih kepada Dewan Pers yang telah memfasilitasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahun ini. Ia harap, ke depan kegiatan itu dapat dilaksanakan lagi.

“Ada 30 peserta yang memenuhi syarat administrasi untuk ikut Uji Kompetensi Wartawan jenjang muda dan madya dari berbagai media cetak, televisi maupun siber. Mereka diuji langsung oleh penguji dari Dewan Pers selama dua hari,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Fransiskus Diaan Dukung Terbentuknya PWI di Kapuas Hulu 

Secara khusus, Kundori turut berterima kasih kepada Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun yang terus mendorong UKW di Indonesia khususnya Provinsi Kalimantan Barat.

“Untuk bulan Juli 2024 saja, sudah dua kali PWI mengadakan UKW di Kalimantan Barat,” katanya. (Jau)

Comment