Sekda Ketapang Pimpin Rapat Normalisasi Sungai Pesaguan

KalbarOnline, Ketapang – Sekda Ketapang, Alexander Wilyo memimpin rapat normalisasi Sungai Pesaguan, pada Jumat (09/08/2024), di Ruang Rapat Bupati Ketapang.

Rapat tersebut membahas dan mendiskusikan tentang kelanjutan dari rapat sebelumnya terkait rencana normalisasi Sungai Pesaguan yang mengalami pendangkalan.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Sekda dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa untuk normalisasi Sungai Pesaguan, sesuai dengan DED memerlukan dana yang sangat besar, sehingga kalau pun dilakukan oleh pemerintah melalui APBD, ini akan dilakukan bertahap.

Tetapi menurutnya, karena prioritas-prioritas daerah ini masih banyak antrean, sehingga belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Namun dalam DED ada opsi, kita bisa bekerja sama dengan swasta atau pihak ketiga melalui program CSR. Dengan adanya program CSR pihak ketiga dapat mempercepat realisasi normalisasi daerah aliran sungai (DAS) Pesaguan,” ujarnya.

Baca Juga :  Perlindungan Masyarakat Hukum Adat itu Amanah Konstitusi

Oleh karena itu, Alexander meminta OPD terkait, dalam normalisasi ini agar segera melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, serta pihak terkait mengenai izin dan rencana pengerukan aliran sungai tersebut.

“Permasalahan pendangkalan ini memang sudah terjadi bertahun-tahun, padahal sungai ini memiliki peran vital dalam perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Sekda juga berharap rencana normalisasi Sungai pesaguan ini dapat segera terealisasi, mengingat pendangkalan sungai yang terus terjadi.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Gelar Rakor Stabilitas Ketersediaan dan Harga Sembako Sambut Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah

“Kondisi pendangkalan di aliran Sungai Pesaguan Kabupaten Ketapang, terus terjadi hingga rentan menjadi kendala kapal yang melintas,” ungkapnya.

Padahal menurutnya, area sungai ini menjadi area lalu lintas kapal nelayan, logistik, bahkan bahan bakar yang keluar-masuk pesaguan.

“Untuk itu, saya akan mengagendakan kembali rapat terkait normalisasi ini. Semoga nanti rapat berikutnya kita sudah semakin mengerucut, dan berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment