Menteri AHY Resmikan Ekshibisi Tanah Ulayat, Fokus Satukan Visi Registrasi Tanah Adat di Indonesia dan ASEAN

KalbarOnline.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meresmikan Ekshibisi Tanah Ulayat dalam rangka International Meeting on Best Practices of Ulayat Land Registration di The Trans Luxury Hotel, Bandung, pada Rabu (4/9/2024). Ekshibisi ini menjadi bagian dari upaya menyatukan visi registrasi tanah ulayat di Indonesia dan negara-negara ASEAN.

Dalam sambutannya, Menteri AHY menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat adat dalam menyukseskan program registrasi tanah ulayat. “Ekshibisi ini adalah kesempatan untuk menyatukan semangat dan visi dalam registrasi tanah ulayat, baik di Indonesia maupun di ASEAN,” ujarnya.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Ekshibisi ini diikuti oleh perwakilan Masyarakat Hukum Adat dari berbagai daerah, seperti Baduy, Kampung Naga, Dayak Iban, hingga Mukim Seulimeum. Selain menunjukkan keragaman budaya, acara ini juga menjadi ajang kolaborasi antara Kementerian ATR/BPN dengan masyarakat adat untuk mempercepat pendaftaran tanah ulayat di wilayah masing-masing.

Baca Juga :  Pimpin Rapim di Sela Kunker ke Kota Bekasi, Menteri AHY Pastikan Seluruh Jajaran Tuntaskan Target-target Program

Usai meresmikan ekshibisi, Menteri AHY meninjau stan pameran dan berdialog langsung dengan peserta. Peninjauan tersebut ditutup dengan penandatanganan lukisan cover buku “Cerita Tanah Ulayat Hari Ini” yang ditulis oleh tim Ditjen Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah (PHPT).

Baca Juga :  Veddriq Leonardo Atlet Panjat Tebing Asal Pontianak Sumbang Emas Pertama untuk Indonesia

Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan dari beberapa negara ASEAN, pejabat Kementerian ATR/BPN, serta organisasi internasional yang berfokus pada pengelolaan tanah dan hak masyarakat adat. (Jau)

Comment