Sutarmidji Apresiasi Peran Muhammadiyah dalam Mencetak Generasi Intelektual

Ajak Mahasiswa Kuasai Data untuk Selesaikan Masalah Sosial

KalbarOnline, Pontianak – Calon Gubernur (Cagub) Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji mengajak seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP) untuk mampu menguasai berbagai macam data.

Penguasaan data menurut Sutarmidji menjadi sangat penting dalam upaya menyelesaikan satu persoalan, baik di lingkup kampus maupun masyarakat.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Hal itu diungkapkan Sutarmidji saat memberikan sambutan peringatan pada Milad UMP ke-34 yang digelar di Auditorium Kamis (03/10/2024) malam.

Kehadiran Gubernur Kalbar periode 2018 – 2023 itu untuk memenuhi undangan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) UMP.

“Saya mengajak mahasiswa untuk menguasai dan memahami sebanyak mungkin data, lalu mencoba untuk menganalisa data dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah yang timbul di sekitar kalian baik di lingkup perguruan tinggi dan tempat tinggal,” ungkap Sutarmidji.

Dalam kesempatan tersebut, Sutarmidji mengakui, kalau keberadaan organisasi Muhammadiyah sendiri telah lama dikenal sebagai pencetak kaum intelektual  mumpuni dan andal. Sehingga menurutnya banyak pakar-pakar yang berpengaruh di Indonesia berasal dari keluarga besar Muhammadiyah.

Baca Juga :  Semua Fraksi di DPRD Kalbar Berikan Respon Positif Terhadap Pelaksanaan APBD 2022

Maka hal itu pun harus ditanamkan oleh setiap mahasiswa UMP untuk tetap mempertahankan pandangan masyarakat tentang Muhammadiyah. Terlebih dalam usia ke 34 tahun, UMP diharapkan terus melahirkan intelektual muda yang bisa menjawab kebutuhan pemikiran kreatif dan inovatif di Kalbar.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun ke 34 Universitas Muhammadiyah Pontianak, saya berharap alumni UMP betul-betul menjadi intelektual yang bisa menjawab permasalahan di setiap daerah,” harapnya.

Di hadapan ratusan mahasiswa UMP, Sutarmidji pun kembali menekankan pentingnya penguasaan data. Terutama dalam menyelesaikan segala sesuatu permasalahan—yang dimulai dengan melihat indikator ukur dari satu masalah tersebut. Ketika sudah diketahui indikatornya, maka tinggal cara menyelesaikan indikator tersebut.

Baca Juga :  Tutup Pelatihan Koperasi Perkebunan PT MJM, Ini Kata Bupati Jarot

“Saya ingin mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak ini menguasai data apapun, Tidak akan mungkin kalian hidup dimasyarakat tidak akan bersinggungan dengan data-data tata kelola pemerintahan,” pesannya.

Kedekatan Sutarmidji dengan para mahasiswa sangat tercermin dalam momentum tersebut. Mulai dari kedatangan Sutarmidji yang disambut hangat ratusan mahasiswa UMP, di mana satu persatu mahasiswa menyalami pasangan Wabup Didi Haryono itu.

Sesekali Sutarmidji mencandai para mahasiswa, begitupun sebaliknya, sehingga nampak suasana sangat akrab. Para mahasiswa pun secara spontan mengabadikan momentum istimewa tersebut dengan kamera telepon genggam mereka.

“Saya foto dengan Pak Sutarmidji mau pamer ke emak saya,” ungkap salah satu mahasiswa UMP, Aura. (**)

Comment