Kabut Asap Pekat di Malam Hari, Harisson Imbau Warga Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

KalbarOnline, Pontianak – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kian pekat di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, terutama pada malam hari. Kondisi tersebut menyebabkan kualitas udara masuk dalam kategori “tidak sehat”, dan tentunya mengganggu saluran pernafasan.

Untuk itu, Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson mengimbau agar masyarakat dapat mengurangi aktivitas di luar rumah. Jika pun akan bepergian diingatkan untuk menggunakan masker.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Saya mengingatkan kepada seluruh masyarakat di Kalbar, kualitas udara masuk kategori tidak sehat itu setelah jam 6 sore sampai subuh. Jadi untuk masyarakat kurangi aktivitas malam hari. Kalau pun terpaksa keluar pada malam hari gunakan masker,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (30/07/2024).

Baca Juga :  Harun Masiku Belum Tercium, KPK Mengaku Tak Miliki Kendala

Terkait Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat karhutla, Harisson bilang, di Kalbar belum begitu meningkat. Namun, ia mengimbau dinas terkait untuk tetap siaga dan menyiapkan fasyankes terutama rumah oksigen jika terjadinya lonjakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Erna Yulianti mengatakan, telah mengintruksikan agar setiap dinas kesehatan di kabupaten/kota untuk menyiagakan fasyankes, sebagai upaya penanganan dampak meningkatnya intensitas udara atau asap sesuai prosedur penanganan.

“Serta yang tak kalah penting adalah menyiapkan fasyankes seperti rumah oksigen pada wilayah yg berdampak tingginya perubahan intensitas udara (masyarakat yg terdampak asap),” ujarnya.

Baca Juga :  Wapres Ma’ruf Minta Posyandu Surya Sehat Terus Tingkatkan Pelayanan

Kemudian langkah lainnya, dengan menyiapkan logistik kesehatan terkait dampak asap. Serta aktif berkoordinasi dengan instansi dan stakeholder/lintas sektor dan lintas program terkait meningkatnya intensitas udara, seperti BPBD, dinas pendidikan kabupaten/kota, dan sebagainya.

“Melihat kondisi cuaca yang kurang sehat seperti saat ini, saya mengimbau agar masyarakat menggunakan masker ketika beraktivitas diluar rumah. Kemudian saya juga mengimbau masyarakat untuk perbanyak minum air putih dan makan makanan bergizi,” tukasnya. (Lid)

Comment