Pesan Eks Napiter Pontianak: Hindari Belajar Agama Hanya Lewat Medsos

KalbarOnline, Pontianak – Sepenuhnya telah kembali dan mengakui Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Salim bin Saluyo, mantan napi teroris asal Pontianak, Kalimantan Barat, meminta masyarakat untuk tidak belajar agama hanya lewat media sosial saja. Menurutnya, jika ingin mendalami tentang agama, lebih baik belajar ke ustadz terdekat.

Seruan itu disampaikan Salim saat menghadiri coffee morning yang digelar oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Pontianak di halaman belakang Kantor Bapas Pontianak, Jalan Abdul Rahman Saleh, Kota Pontianak, Selasa (06/08/2024).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Pesan saya untuk masyarakat Kalbar, pertama jangan mudah percaya pada media-media tentang agama. Kalau kita mau belajar ngaji, agama, mending kita belajar kepada ustadz yang di kampung kita. Kalau umpannya ada salah satu artikel atau tulisan yang kiranya memusingkan, lebih baik konsultasikan. Jangan langsung ditelan mentah-mentah karena yang saya alami seperti itu,” ungkapnya.

Baca Juga :  Densus 88 Gerebek Fasilitas Pelatihan Teroris di Semarang

Salim memang sempat terjerumus paham radikal di media sosial yang membuat dirinya harus mendekam di penjara selama 3 tahun. Sangking dalamnya terjerumus, Salim mengakui saat itu sangat sulit untuk kembali ke NKRI.

“Jadi pesan saya itu, terutama media sosial lah. Karena apa, sedangkan saya saja yang memiliki ideologi, di media sosial sangat sulit kembali ke NKRI, itu kalau ndak salah 2 tahun saya menjalani di rutan itu baru saya sadar,” tambahnya.

Baca Juga :  Densus 88 Sita Ribuan Kotak Amal yang Diduga Penggalang Dana Teroris

Sebelumnya, Salim menjalani hukuman selama 3 tahun, sejak 2019 hingga 2022. Salim ditangkap saat akan merampok sebuah bank di Surabaya, Jawa Timur. Hasil rampokannya itu rencananya akan digunakan untuk merakit bom dan membeli senjata api dan lalu akan dikirim kepada kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah. (Lid)

Comment